Rutinan FLP Blitar Bahas Kiat Menulis untuk Beasiswa dan Kompetisi - FLP Blitar

Rutinan FLP Blitar Bahas Kiat Menulis untuk Beasiswa dan Kompetisi

Bagikan



Forum Lingkar Pena Blitar memiliki program rutinan yang dilaksanakan dua minggu sekali. Rutinan yang sudah berjalan beberapa kali ini mengusung tema yang berbeda-beda, salah satunya rutinan dengan judul “KIAT MENULIS UNTUK BEASISWA DAN KOMPETISI” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 di Ruang Koleksi Khusus Perpustakaan Bung Karno.

Kegiatan rutinan kali ini disampaikan oleh pemateri dari FLP Blitar, yakni Zulfa Ilma Nuriana dan Rizky Saputra yang membagikan pengalamannya ketika mengikuti kegiatan menulis untuk beasiswa dan kompetisi dikancah nasional maupun internasional.


Rizky Saputra memulai sharing menulis untuk kompetisi, sebelum membagikan pengalamannya kepada seluruh peserta Rizky Saputra memberikan sedikit pemaparan materi terkait “Academic Writing” khusus untuk siswa ataupun mahasiswa.

Menurut referensi yang dibaca oleh Rizky Saputra, komponen-komponen menulis terdiri dari proses menulis, elemen menulis, kosa kata dan model menulis itu sendiri. 

Proses menulis yang perlu dilakukan ketika mengikuti kompetisi harus memahami proses menulis seperti menemukan motivasi, mencari ide dan menemukan masalah, mencari solusi, mulai membuat outline, menulis, mengendapkan naskah beberapa waktu kemudian dilanjutkan kurasi naskah.

“Pengalaman menuntut kita untuk terampil dan berani,” tutur Rizky Saputra. Selain itu, dia juga mengatakan ketika ada lomba menulis dalam bentuk tim harus belajar memanajemen tim, mempelajari juklak dan juknis serta proses menulisnya.

Setelah selesai berdiskusi mengenai kiat menulis untuk kompetisi, dilanjutkan membahas kiat menulis untuk beasiswa yang disampaikan oleh Zulfa Ilma Nuriana.

Menurut Zulfa, sebelum kita mengikuti seleksi beasiswa dalam bidang kepenulisan harus memahami visi dan misi lembaga yang menyelenggarakan beasiswa tersebut.

Zulfa menambahkan sangat penting untuk memahami masalah di sekitar yang kita tuliskan dalam tulisan untuk seleksi beasiswa dengan metode mencari referensi melalui buku, wawancara dan observasi. 

Berdasarkan pengalaman Zulfa, essay ataupun opini yang ditulis untuk seleksi beasiswa biasanya referensi seperti daftar pustaka cenderung lebih sedikit, karena lebih baik banyak dibagian isi yang disampaikan.***

No comments:

Pages