Mudah Untuk Diterapkan, 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Salah Satunya Pakai Kacamata Hitam - FLP Blitar

Mudah Untuk Diterapkan, 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Salah Satunya Pakai Kacamata Hitam

Bagikan


Sumber gambar: Alodokter.com

 

 

 

Oleh Anisa Dewi 

 

 

 

Setiap manusia memiliki dua mata yang terletak pada sebelah kanan dan kiri, mempunyai fungsi untuk melihat keadaan sekitar.

Tentu jika ada beberapa masalah pada mata akan terjadi gangguan pada penglihatan kita bukan? Ketika mengalami gangguan mata pasti akan terjadi kendala dalam beraktivitas.

Karena mata merupakan bagian terpenting dalam penglihatan, oleh karena itu perlunya kita menjaga kesehatan mata.

Tekadang beberapa orang sering lalai dalam menjaga mata, terlebih menggunakan mata untuk melihat layar ponsel ataupun laptop secara berlebihan. Jika dibiarkan secara terus menerus dapat merusak kesehatan mata.

Sebagai manusia hendaknya kita mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa dengan menjaga kesehatan mata. Berikut di bawah ini beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat.

1.    Makanan yang Sehat
Dengan memakan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu juga dapat untuk mengurangi kebutaan yang sering dialami oleh orang dewasa.

2.    Olahraga
Melakukan olahraga secara baik dan benar juga dapat menghindari masalah tentang mata. Oleh karena itu perlunya melakukan olahraga secara rutin agar tetap sehat dan jernih.

3.    Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok ternyata bisa menjadi penyebab gangguan mata seperti katarak, kerusakan saraf optik, dan lain-lain.

4.    Pakai Kacamata Hitam
Selanjutnya untuk menjaga kesehatan mata dapat menggunakan kacamata berwarna hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari agar terhindari dari katarak.

5.    Pelindung Mata
Terdapat beberapa pekerjaan ataupun perbaikan sesuatu hal yang terkadang dapat mengenai mata. Oleh karena itu saat melakukan beberapa pekerjaan yang dapat membahayakan mata perlu menggunakan pelindung mata.

6.    Pencegahan Infeksi Mata
Ada beberapa orang yang memakai lensa mata untuk keperluan tertentu, dengan menjaga kesehatan mata perlunya membersihkan atau mengganti lensa tersebut.

7.    Istirahat Cukup
Layar ponsel ataupun laptop dapat menjadi salah satu sumber kelelahan mata, makanya disarankan untuk istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan mata.

No comments:

Pages