Cintai Negeri dengan Pelajari Sejarah dan Diri Sendiri - FLP Blitar

Cintai Negeri dengan Pelajari Sejarah dan Diri Sendiri

Bagikan



Satu pekan yang lalu tepatnya tanggal 3 September 2022, FLP Blitar mengadakan kegiatan Seminar Pemikiran Bung Karno dengan tajuk Surat Masa Depan. Kegiatan ini dilangsungkan di Perpustakaan MTsN 1 Kota Blitar. Diikuti oleh anak-anak kelas 7 hingga 8 dengan didampingi Bapak/Ibu Guru.

Selama proses persiapan di hari H, panitia dan Bapak/Ibu Guru saling bekerjasama demi kelancaran kegiatan. Alhamdulillah, kegiatan pun berjalan dengan lancar. Anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan. Hal ini terlihat pada saat sebelum hingga akhir kegiatan. Mereka ramai-ramai datang ke perpustakaan sebelum kegiatan dimulai. Selain itu, mereka begitu mendengarkan para pemateri menyampaikan materinya. Banyak pula yang berani mengajukan pertanyaan.

Materi tentang Bung Karno disampaikan oleh Ahmad Saifudin, M.Pd. terlihat berat tapi ia mampu menyampaikan dengan sederhana. Beberapa nilai-nilai perjuangan Bung Karno seperti nasionalisme, solidaritas, cinta tanah air, toleransi, kemandirian, dan kerakyatan pun pemateri relasikan dengan kehidupan nyata. Selain itu, pemateri juga memberikan kuis-kuis yang dapat membangkitkan ingatan anak-anak tentang materi tersebut setelah usai menyampaikan materi.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ulil Fuadah, M.Pd. dengan menarik. Sesi ini anak-anak berkesampatan untuk membuat karya tulis. Karya tulis ini nantinya akan dibukukan bersama dengan karya Bapak/Ibu Guru maupun panitia kegiatan. Karya tulis ini berupa surat masa depan. Isinya tentang kelebihan diri, kekurangan diri, capaian masa lalu dan harapan untuk masa depan. Hal ini dapat mendorong anak-anak untuk mengenali dirinya sendiri.

Kegiatan ini bisa memupuk rasa cinta tanah air. Karena anak-anak belajar mengenai sejarah dan nilai-nilai perjuangan pahlawan. Tidak hanya itu, anak-anak juga diajak untuk mengenali dirinya sendiri. Harapannya kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah-sekolah lainnya.
 

No comments:

Pages