Seni Sebagai Penguat Karakter Bangsa - FLP Blitar

Seni Sebagai Penguat Karakter Bangsa

Bagikan


Oleh: Zulfa Ilma Nuriana
 
Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam kegiatan seni. Imajinasipun dapat dituangkan dalam bentuk karya seni. Dorongan demi dorongan membawa saya dekat dekan dunia ini yakni seni. Hal yang saya segani di kala hati dirundung dan dihujani oleh sejuta duri selain membuat puisi.

Bagaimana hubungan seni dengan karakter? Tidak dapat disangkal lagi bahwa dalam kita berkegiatan seni terselip karakter-karakter yang diperlukan oleh anak muda bangsa Indonesia. Seni membawa diri saya untuk berpikir semakin luas dan tidak terkungkung dengan suatu teori. Seni dengan karakter adalah bagaikan sayur tanpa garam. Sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dan benar adanya.
  

Pada saat seorang seniman akan membuat suatu karya seperti lukisan pasti selalu memerlukan ide dan jiwa. Maka diperlukan rasa peduli atau peka lingkungan dan sosial. Peduli atau peka lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada alam. Sedangkan, peduli sosial adalah sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain. 

Kaitannya dengan seniman tersebut adalah ide dan jiwa yang menghayati suatu alam dan lingkungan sekitar hanya bisa didapatkan dengan kedua sikap tersebut.... Tidak dapat disangkal lagi bahwa seniman harus kenal betul dengan alam, ia harus bersatu padu dan menghayatinya... menurut Popo Iskandar dalam karya esainya. Kalimat tersebut benar-benar mengarahkan kepada sikap seniman yang diharuskan untuk peka terhadap lingkungan.

Selanjutnya, seniman harus bertanggung jawab dengan hasil karyanya. Karya yang asli atau bukan plagiat. Tanggung jawab adalah bagian dari karakter yang berarti sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Tanpa karakter tersebut seorang seniman tidak akan menjadi seniman karena dia tidak bisa menjelaskan bagaimana terciptanya suatu karyanya sendiri.

Dari paparan diatas telah membuktikan bahwa seni sebagai penguat karakter bangsa itu benar. Jadi seni perlu ditanamkan pada diri anak bangsa. Supaya dapat membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju dengan karakter baiknya dari seni. ()

Pages