Tips Memilih Gorengan - FLP Blitar

Tips Memilih Gorengan

Bagikan
Gorengan adalah menu favorit, di daerah yang beriklim tropis, khususnya Indonesia, "saya mengatakan Indonesia karena sepengetahuan saya memang gitu, dan benar kenyataannya, saat saya banyak tanya keteman-teman yang lagi belajar di luar negeri. Mereka jarang menemukan makanan favorit menu buka puasa adalah gorengan, khususnya di Benua Asia" bisa dikatakan gorengan ini adalah jajanan yang paling digemari karena rasanya enak, harga terjangkau, dan mudah didapatkan.

Di pinggir jalan mana saja mudah kita temui penjual makanan ini. Apalagi dibulan suci ramadhan. menjadi salah satu moment penting bagi mereka yang bisa goreng aneka gorengan untuk membuka lapak dadakan dipinggir jalan, karena dibulan ramadhan banyak para pembeli yang mereka juga asal membeli gorengan dan kurang memperhatikan gorengan tersebut sehat atau tidak.

Disini saya akan membahas tips memilih gorengan sehat yang saya lakukan. sebenarnya ngak ada sih, tips memilih gorengan, bagi orang yang tidak peka terhadap makanan, selama enak menurut dia dan bisa membuat perut kenyang it's oke, gak masalah. namun perlu diketahui, kesehatan juga manjadi perhatian agar tetap bisa aktifitas dengan sehat kedepannya. Langsung saja tips memilih gorengan sehat :

1. Pastikan gorengan tersebut tertutup dengan rapi, agar tidak tercemar polusi asap kendaraan dan debu. jadi prinsip memilih gorengan adalah kebersihan.

2. Perhatikan minyaknya goreng yang dipakai oleh penjual tersebut. kalau saya sih, membeli gorengan dengan yang saya sering ketahui bahwa sipenjual gorengan itu memang menjual disitu sudah lama, bukan penjual baru yang kadang meragukan. tapi kalau kita mengambil hati, saya sih kadang pikir-pikir apabila ada nenek-nenek atau kakek-kakek penjual gorengan yang sekiranya gorengannya tidak laku, "beli lah, 5ribu atau 10ribu, bukan karena gorengannya, tapi sedekahnya agar penjual tersebut merasa bahwa gorengannya laku, gimana sih rasanya penjual dengan susah payah buka lapak, namun tidak ada hasil sama sekali, apalagi penjual dengan usia lanjut"

3. Hati-hati dengan gorenga yang terlalu crispy, karena bisa jadi gorengan tersebut minyaknya tercampur bahan plastik. karena ada beberapa kasus penjual yang nakal memasukkan kantong plastik ke minyak gorengnya dengan tujuan gorengan semakin tambah crispy. Hal ini sangat berbahaya, karena plastik memiliki kandungan zat melamin yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

4. pastikan gorengan baru. bisa ditanya ke penjual langsung "tapi rata-rata mereka bilang , ini gorengan baru mas" atau dilihat dari sifatnya gorenga tersebut. Misal, warna kecoklatan gelap dan pucat. biasanya menu buka puasa tidak hanya gorengan ada pasangan gorengan biasanya sejenis oncom nasi yang dibungkus daun pisang. menurut pengalaman saya ada beberapa penjual yang mencoba menjual lagi oncom kemarin, salah satu tricknya yaitu dengan melihat warna daun bungkusnya, kalau warna coklat tua dan terlihat terlalu lembek atau bahkan terlalu keras, kemungkinan besar sudah dua kali masak, namun jika warna daun pisang masih terlihat coklat muda atau bahkan semi hijau dan terlihat lembab kemungkinan besar itu makanan baru.

5. gorengan tidak terlalu tebal, misal Tempe, bakwan dll. dikarenakan jika gorengaan terlalu tebal banyak minyak yang mengendap di makanan tersebut.

No comments:

Pages