Belajar Tak Harus di Kelas - FLP Blitar

Belajar Tak Harus di Kelas

Bagikan

Oleh : Ryan Adin Pratama

Minggu 21 Mei 2017, kami  prodi Multimedia 1MM1 dan 1MM2 melakukan kuliah lapangan yang berada di Pantai Pangi, Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, dan dibina langsung oleh Pak Ismanto.

Persiapan kami lakukan mulai jam 07.00 untuk menyiapkan peralatan-peralatan yang kami butuhkan untuk praktek di lapangan sambil menunggu teman-teman yang lain datang, mulai dari 6 Camera DSLR, 2 Lensa Telle, 2 Lensa Macro, 2 Tripod dan 2 Handycam.

***

Tepat 07.30 kami mulai bergegas berangkat menuju lokasi. Kami terbagi menjadi dua kubu, kubu perempuan berangkat bersama Pak Ismanto naik mobil operasional kampus, dan kubu laki-laki menaiki motornya masing-masing.

Perjalanan yang melelahkan dan menegangkan karena rute yang jauh dan medan yang agak sulit kami terus lewati karena sebagian dari kami penasaran karena ada yang belum pernah mengunjungi Pantai Pangi ini.

***

Kurang lebih satu jam perjalanan, tepatnya 08.45 akhirnya kami pun sampai  pada portal pintu masuk Pantai Pangi dengan membayar Rp.8.000 per orang. Lalu dilanjut lagi perjalanan kira kira 10 menit, baru kita sampai pada lokasi parkir.

Setelah memarkirkan kendaraan masing-masing kita mulai berjalan kaki menuju lokasi pantai dengan melewati jalan yang naik turun, dan menyeberangi sungai payau dengan jembatan kecil.

Akhirnya sampai juga kita di lokasi pantai. Suasana yang sejuk namun panas dan masih sedikitnya pengunjung membuat kita mulai mencari-cari target yang nantinya akan kita ambil foto dengan kamera yang sudah kami bawa dari kampus.

***

Setelah kita menemukan tempat untuk menaruh semua barang, kami menyiapkan kamera dan memasang lensa telle untuk bersiap praktek tentang Landscape dan Potrait, tapi sebelumnya pak Ismanto memberikan arahan dan cara untuk pengambilan foto dengan teknik tersebut setelah itu kami diajak untuk berfoto bersama setelah mendapatkan arahan.

Kami terbagi menjadi 5 kelompok, dimana masing-masing kelompok membawa 1 kamera. Ada yang menunggu moment pas dipinggir pantai sambil rela kulitnya terpapar panasnya matahari hanya demi mendapatkan hasil foto Landscape yang menarik dan bermakna, ada juga yang menjadi model dari bidikan kamera untuk mempraktekan foto Potrait. Masing-masing sibuk kesana kemari untuk benar-benar mencari moment yang pas menurut versinya.

***

Tidak terasa sudah 2 jam lebih kami sibuk dengan kamera dan akhirnya kamipun istrirahat sambil memakan cemilan yang dari pagi sudah kami bawa selang beberapa menit ada sebagian yang menuju ke Mushola untuk melakukan kewajiban mereka menjadi seorang Muslim.

Setelah semua berkumpul dan mengobrol kami pun mendekati Pak Ismanto yang sedang duduk manis ditemani secangkir kopinya untuk meminta  saran dan penilaian dari hasil foto-foto yang sudah kami dapat sedari tadi. Sambil berkomentar dan menilai hasil-hasil jepretan kami beliau berpesan kepada kami, “Fotografer itu memiliki kehidupannya masing-masing bagikan kehidupanmu itu lewat jepretan fotomu hingga sekitarmu memahami kau punya sisi pandang lain di dunia ini."

Setelah semua selesai kamipun mulai bergegas untuk membereskan semua peralatan dan menaruhnya ke tempatnya masing-masing.

***

Pukul 14.00 sebelum kami bergegas pulang, kami menyempatkan foto bersama lagi dengan latar belakang Pantai Pangi untuk menjadi kenang-kenangan kami di Jurusan Multimedia. Senang hati kami hari itu dimana kita mendapatkan ilmu baru dengan suasana baru juga tentunya. Intinya, ilmu dapat, piknik pun dapat, hehe. Akhirnya kami pun pulang dan menuju kampus lagi tepat jam 15.00 sore.

Terima Kasih pak Ismanto untuk ilmu dan waktunya di hari Minggu ini.[]

No comments:

Pages