Mulai Membaca Buku Berbahasa Inggris? - FLP Blitar

Mulai Membaca Buku Berbahasa Inggris?

Bagikan


Giat utama literasi selalu identik dengan membaca. Buku. Membaca cerpen, puisi, aritkel, opini, esai, jurnal serta karya tulis lainnya.


Umumnya pegiat literasi di Indonesia tentu akan lebih banyak membaca buku berbahasa Indonesia. Lantaran bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu yang pasti mudah dipahami.


Sementara buku berbahasa asing—umumnya Inggris, menjadi bacaan bagi golongan-golongan tertentu dari pegiat literasi maupun penghobi baca.


Misalnya di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, mahasiswa di luar negeri, pelajar atau orang yang aktif menuturkan bahasa Inggris, pembaca yang memang secara khusus menyukai buku berbahasa Inggris, maupun kategori lain.


Tentu membaca buku dalam bahasa Inggris menjadi kendala tersendiri bagi orang yang kemampuan berbahasa Inggrisnya bisa dibilang "menengah" hingga "menengah-kebawah" lantaran akan banyak tidak pahamnya.


Nah, dalam rutinan kali ini, Ahad, 17 Maret 2024. Kak Nezli, salah satu anggota FLP Blitar yang menekuni hobi membaca serta mempelajari karya-karya berbahasa Inggris memberikan tips bagaimana seharusnya kita memulai membaca buku berbahasa asing (Inggris-red).





Pertama adalah memilih bacaannya terlebih dulu. Jika masih akan memulai, cobalah mencari buku bacaan yang simpel. Misal, cerita anak-anak, kumpulan puisi pendek, atau bisa juga bacaan bahasa Inggris di wattpad yang di mana kosa katanya lebih sederhana untuk dipahami oleh orang yang baru membaca buku bahasa Inggris.


Selanjutnya, masih untuk pemula, hindari bacaan bergenre fantasi serta karya klasik. Ini karena kosa kata yang digunakan bisasanya lebih sulit dipahami, karena umumnya menggunakan kosa kata bahasa Inggris gaya lama.


Bagi pembaca yang sudah familiar dengan bacaan berbahasa Inggris, bisa ditingkatkan ke berbagai genre buku sesuai dengan keinginan, kesukaan, maupun hobi. Terserah. Pacu diri sendiri untuk melebarkan wawasan melalui beragam bacaan lain.


Untuk lebih memudahkan belajar memahami bacaan berbahasa Inggris, setelah selesai membaca bisa mmebuat ringkasan hasil bacaan yang di dapat agar kita benar-benar paham apa yang kita baca.


Kak Nezli juga memaparkan bahwa banyak sekali manfaat membaca buku berbahasa asing. Seperti menambah ilmu pengetahuan baru yang mungkin masih belum familiar dalam khazanah bahasan  berbahasa Indonesia.


Lalu bisa menambah kelancaran memahami bacaan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris itu sendiri. Bacaan bahasa Inggris juga akan memperkaya kosa kata yang kita kuasai. Menyelami perbedaan budaya yang mengasyikkan. Serta menjelajahi dunia sastra "baru" yang berbeda dari dunia sastra Indonesia.





No comments:

Pages