Sedikit Alasan Menulis - FLP Blitar

Sedikit Alasan Menulis

Bagikan
\



Oleh Ana Salamah




Menulis merupakan bidang yang saya senangi sejak remaja. Berawal dari kesenangan menulis cerita teenlit ketika kelas delapan dulu, saya melanjutkan hobi menulis saya di jenjang SMA hingga sekarang.


Bagi saya menulis merupakan salah satu ajang untuk menelurkan ide. Apa-apa saja yang lewat di kepala diramu dan disajikan dalam bentuk kata. Menulis menjadi sebuah kesenangan tersendiri ketika saya dituntut untuk memilih satu kata yang menarik di antara ribuan kata yang tersedia.


Selain menelurkan ide menulis merupakan kegiatan yang dapat menyimpan ide dengan baik. Ketika naik motor di jalan, tiba-tiba terbersit ide untuk membuat sebuah tulisan dengan diksi atau gaya bahasa baru.


Setelah sampai rumah saya sibuk mencari kertas atau merogoh ponsel dari saku untuk mengetikkan ide yang baru saja saya dapat. Jika ide tersebut tidak segera dituliskan biasanya saya akan lupa dan kehilangan ide tersebut. Itulah kenapa menulis menjadi salah satu cara untuk menyimpan ide agar tidak lari ke mana-mana.


Selanjutnya alasan saya menulis adalah untuk menguatkan memori. Saya pernah mendengar bahwa ingatan seseorang mengenai suatu informasi akan menguat beberapa kali lipat ketika ia tidak hanya mendengar atau membaca informasi tersebut namun juga menuliskannya dalam suatu media tulis.


Itulah alasan kenapa di bangku sekolah, para siswa dituntut untuk membuat catatan mengenai materi yang sedang mereka pelajari. Hal itu bertujuan agar mereka dapat mengingat atau menghapal materi tersebut dengan baik.


Itulah sedikit alasan saya menulis. Saya selalu berharap semoga tulisan-tulisan saya membawa manfaat bagi setiap orang yang membacanya. Sekian, salam literasi.




No comments:

Pages