Seneng Jalan-Jalan? Yuk Abadikan Perjalananmu Dengan Membuat Travel Note - FLP Blitar

Seneng Jalan-Jalan? Yuk Abadikan Perjalananmu Dengan Membuat Travel Note

Bagikan

Sumber: Pixabay/ DariuszSankowski

    Forum Lingkar Pena Blitar- Tentunya kita semua memerlukan waktu untuk menghibur diri dengan melakukan perjalanan-perjalanan ke suatu tempat yang menyenangkan.

Mengabadikan perjalanan melalui gambar saja, rasanya tidak cukup bagi seorang penulis. Mempunyai hobi jalan-jalan sekaligus menulis akan terasa menyenangkan.


Karena, dapat mengabadikan momen berjalanan melalui tulisan-tulisan yang dibuat bukan? Hal itu dikenal dengan istilah travel note.


Travel note ialah tulisan yang diangkat dari fakta dan pengalaman seorang penulis. Akan tetapi, seorang penulis juga bisa menuliskan pengalaman orang lain, asalkan masih ditambah dengan pendapatnya sendiri.


Nah, tentunya kalian yang mempunyai hobi jalan-jalan sekaligus senang menulis, pasti punya keinginan untuk menerapkan travel note ketika pergi ke suatu tempat bukan?


Untuk memulai menulis travel note perlunya mindset yang tertanamkan terlebih dahulu dengan fokus pada tujuan.


Dengan menulis travel note, harus dibangun ketertarikan dalam banyak hal, seperti budaya, sejarah, aspek sosial, dan lain sebagainya.


Ketika menulis travel note, cobalah untuk menemukan setiap detail moment yang akan diabadikan melalui tulisan.


Perlu diketahui, bahwa menulis travel note bukan hanya sekadar menceritakan sisi menarik pada tempat tersebut. Melainkan juga dapat menceritakan orang-orang yang ditemui dan beberapa hal yang menarik untuk diceritakan.


Untuk menulis travel note sebenarnya bebas, namun harus berdasarkan fakta dan keadaan yang tidak dilebih-lebihkan.


Menyampaikan perjalanan melalui tulisan travel note saja tidak cukup, perlunya membuat quotable untuk memberikan sentuhan rasa pada tulisan.


Dengan menambahkan penyedap rasa seperti, penggalan lirik lagu, potongan puisi atau pun quote tokoh, dan lain sebagainya mampu membuat pembaca dapat menikmati suasananya.


Cobalah untuk menulis travel note, agar perjalanan ke mana pun kalian berada tetap abadi dengan tulisan.


Nah, setelah selesai membuat travel note, jangan terburu-buru untuk mem-publishnya. Hendaknya, kalian dapat mencari detail informasi mengenai tempat tersebut.


Dan carilah foto yang sesuai dengan apa yang kalian tuliskan dalam travel note. Untuk menulis travel note, jangan terkesan hanya sebatas tulisan curhat saja, cobalah untuk membuat tulisan yang memberikan pembaca sebuah informasi, wawasan dan perspektif yang baru.


Bagaimana? Apakah kalian tertarik dengan menulis travel note? Cobalah agar perjalananmu tidak terasa membosankan.

No comments:

Pages