Ketua Umum FLP Pusat Afifah Afra Berkunjung ke Blitar - FLP Blitar

Ketua Umum FLP Pusat Afifah Afra Berkunjung ke Blitar

Bagikan



Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Forum Lingkar Pena, Afifah Afra, berkunjung ke Blitar dalam rangka mengisi materi penulisan naskah pendek (26-27/01) yang diadakan Perpustakaan Daerah Kota Blitar.

Sore harinya, beliau menggelar pertemuan dengan pegiat FLP Blitar di Dhedaunan Waroenk sekaligus sharing terkait kepenulisan.

Dalam sharing tersebut, perempuan yang akrab disapa Bunda Afra itu memberikan banyak tips terkait kepenulisan dan penerbitan.

"Tugas utama penulis itu justru bukan menulis, namun mengisi tangki informasi di dalam otak. Jadi harus banyak membaca, diskusi, jalan-jalan, agar ada bahan untuk ditulis," Ujarnya.

Selain tips terkait kepenulisan, beliau juga menyampaikan pentingnya branding diri sebagai penulis, khususnya lewat sosial media.

"Sosial media itu bisa dimanfaatkan untuk branding diri, dan gratis. Membuat postingan menarik di facebook misalnya," Jelasnya.

Bunda Afra juga bercerita banyak hal tentang penerbitan. Menurutnya di era sekarang, tak masalah mau diterbitkan ke mayor atau indie, yang penting kualitas tulisannya.

Bahkan, di era sekarang ini posisi penulis di atas angin, karena bisa memproduksi tulisan sekaligus bisa memasarkannya sendiri lewat sosial media.

"Yang ketar ketir itu justru penerbit, karena itu banyak penerbit gulung tikar, karena era sekarang penulis bisa dengan mudah memasarkan karyanya sendiri dan ternyata hasilnya lebih menguntungkan," Ungkap Bunda Afra.

Jelang magrib, sesi sharing pun diakhiri dengan foto bersama. []

No comments:

Pages