Antusias Siswa Siswi MTSN 1 Kota Blitar Ikuti Kegiatan Pelatihan Menulis Cerpen - FLP Blitar

Antusias Siswa Siswi MTSN 1 Kota Blitar Ikuti Kegiatan Pelatihan Menulis Cerpen

Bagikan


Antusias Siswa Siswi MTSN 1 Kota Blitar Ikuti Kegiatan Pelatihan Menulis Cerpen  


Bagi murid dibangku SMP/MTS tentu kegiatan menulis menjadi salah satu agenda yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun terkadang dalam kegiatan menulis pasti terdapat beberapa kendala yang memang memerlukan mentor.


Setelah selesai Ujian Akhir Semester Genap, MTSN 1 Kota Blitar mengadakan kegiatan literasi dengan mengundang empat narasumber dari Forum Lingkar Pena Blitar. Salah satu pelatihan dalam kegiatan literasi tersebut adalah menulis cerpen.


Ada sekitar 201 murid kelas 7 dan 103 murid kelas 8 yang mengikuti pelatihan cerpen, terbilang cukup banyak dibandingkan dengan pelatihan kegiatan literasi lainnya. 


Semangat siswa siswi MTSN 1 Kota Blitar sangat luar biasa, dibuktikan dengan antusiasnya mempelajari materi cerpen, game, dan praktik menulis cerpen.


Kelas 7 melaksanakan kegiatan pelatihan menulis cerpen pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 lalu, meskipun sedikit sulit mengondisikan kelas 7 yang berjumlah 201 murid. 


Bersyukurnya, kegiatan tetap berjalan dengan lancar dan semua murid mau mengikuti kegiatan yang diarahkan oleh narasumber.


Ada salah satu murid kelas 7 yang sangat antusias dalam kegiatan pelatihan, dia Bernama Kharis. Dia senang dan tidak malu bertanya kepada narasumber, dibandingkan dengan teman-teman sebayanya. 


Untuk kelas 8 mengikuti kegiatan pelatihan menulis cerpen pada hari Senin, 19 Juni 2023 lalu, kelas 8 di MTSN 1 Kota Blitar lebih mudah dikondisikan. Banyak diantara beberapa murid yang mau maju ke depan untuk membacakan kerangka cerpen yang telah dibuat baik itu cewek ataupun cowok.


Tak lupa ditengah-tengah penyampaian materi kelas 8, juga diselipi game agar mereka tak bosan ketika mendengarkan materi selanjutnya. Hal yang menggembirakan banyak yang mau maju ke depan untuk membacakan kalimat yang telah dibuat bersama kelompoknya sesuai arahan dari narasumber. 


Seluruh murid yang mengikuti kegiatan pelatihan menulis cerpen diwajibkan mengumpulkan cerpen yang telah dibuat, karena sekolah akan memfasilitasi karya murid-murid untuk buku antologi cerpen. Sungguh sangat menyenangkan bukan berkarya dan mendapatkan dukungan penuh dari sekolah?


Tak lupa sebagai penutup, narasumber FLP Blitar mengajak seluruh murid kelas 8 yang mengikuti kegiatan menulis cerpen untuk foto bersama dan membuat video dengan menyemarakkan yel-yel sekolah.***


No comments:

Pages