Membuat Paragraf Pembuka - FLP Blitar

Membuat Paragraf Pembuka

Bagikan



Setelah minggu lalu kita belajar seputar judul artikel dan cara membuatnya, kali ini kita akan belajar membuat paragraf pembuka untuk sebuah artikel website

Paragraf pembuka dalam artikel website terdiri dari 4 hingga 6 kalimat. Kalimat pembuka berisi penggambaran tentang topik artikel yang akan dibahas. 

Contoh:

1. Vitamin C merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh kita. Selain untuk mencegah sariawan dan flu, vitamin C berguna pula untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 
Berikut ini adalah beberapa bahan makanan sumber vitamin C.

2. Nama Noah tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Band asal Bandung yang digawangi Ariel, David, dan Lukman ini awalnya bernama Peterpan. Mereka telah banyak menghasilkan karya emas sejak awal kemunculannya.
Inilah 10 lagu paling hits dari Noah.

3. Siapa yang tak familiar dengan Kota Batu, Jawa Timur? Selain dikenal karena buah apel dan hawa dinginnya, rupanya Kota Batu memiliki cukup banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi saat liburan atau akhir pekan.
Berikut 10 tempat wisata keren di Kota Batu.

4. Akhir pekan dapat diisi dengan beragam kegiatan. Salah satunya adalah menonton film. Tak hanya menyuguhkan hiburan, dalam film juga terdapat banyak pelajaran yang dapat diambil oleh para penonton. Penasaran, film paling inspiratif apa sajakah yang dirilis tahun ini? Berikut ulasannya.

5. Tak hanya di kota-kota besar, kini minum kopi telah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat di Blitar. Terbukti, kini ada banyak kedai kopi di Blitar yang memiliki suasana dan menu andalan yang beragam. 
Inilah tempat-tempat ngopi paling asyik di Blitar.


Berikut ini adalah beberapa contoh lain yang diambil dari berbagai sumber:

1. 5 Hal yang Menurut Orangtua Baik, Tapi Ternyata Tidak Bagi Mental Anak

Orangtua memiliki kasih yang tak terhingga untuk anaknya. Segala upaya diusahakan untuk kebahagiaan anak. Tak jarang, perlakuan yang orang tua anggap sebagai bentuk kasih sayang dan dilakukan untuk kebaikan anak, malah tidak dirasakan begitu oleh anak. Apa saja salah kaprah tentang parenting yang dilakukan orangtua, namun masih turun temurun dilakukan? (Sumber: idnTimes)

2. 7 Wisata Jogja dengan Panorama Indah dan Murah Meriah

Jakarta - Jogja tidak hanya dikenal punya makanan enak, tapi juga wisata murah meriah. Tempat wisata indah dengan panorama alam yang bikin takjub.
Mampir ke Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah mengunjungi tempat wisata alamnya. Di sini bisa berfoto sambil memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan.
Ada rencana berlibur ke Jogja? Yuk, simak beberapa tempat wisata Jogja 2019 yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber. (Sumber: detikTravel).

3. Gelar Konser Eklusif, Iwan Fals Himbau Penonton Jaga Kebersihan

Kapanlagi.com - Musisi legendaris Iwan Fals bakal menggelar konser bertajuk Konser Ekslusif Karya Semesta 2019 pada 8 November di Stadion Wibawa Mukti Cikarang. Iwan Fals mengatakan, Konser Ekslusif Karya Semesta 2019 ini sangat berbeda dengan konser biasanya. Pasalnya, konser ini akan memberikan pesan moral yang diberikan Iwan Fals kepada penonton, terutama masalah lingkungan. (Sumber: kapanlagi.com)

4. 6 Desain Taman dalam Rumah untuk Hunian Asri dan Udara Bersih

Memiliki lingkungan yang asri dan hijau tentunya menjadi impian tiap orang. Hijaunya tanaman membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Bukan cuma dari segi visual saja, namun kehadiran tanaman di rumah juga memperbaiki sirkulasi udara. Wajar jika menerapkan desain taman dalam rumah menjadi salah satu pilihan yang bisa diaplikasikan di rumah impian.

Memiliki taman atau sekadar pot tanaman hijau kini menjadi tren gaya hidup sehat. Namun ada kalanya kita terbentur kendala seperti lahan yang tak terlalu luas. Di saat inilah membuat indoor mini garden atau taman dalam rumah menjadi solusi. Desain taman dalam rumah tentunya menghemat lahan sekaligus bisa memberikan sentuhan estetika.

Nah kali ini, Kania bakal memberikan rekomendasi desain taman dalam rumah yang bisa menjadi inspirasi kamu nantinya! Desain taman dalam rumah seperti apa yang bisa kamu terapkan untuk hunian milikmu? Yuk, kita simak bersama! (Sumber: dekoruma-LineToday)

5. 8 Angkringan Jogja yang Nggak Cuma Murah tapi Juga Enak. Tambah Memancing Rindu Nih!

Ada pepatah yang mengatakan kalau Jogja itu terbuat dari rindu dan angkringan. Semua orang juga mungkin sependapat jika ada yang bilang, belum ke Jogja namanya kalau belum makan di angkringan. Bagaimana tidak, gerobak warung makan di pinggir jalan ini memang sudah jadi ikon Jogja sejak dahulu kala. Magisnya kota Jogja belum terasa kalau belum makan di angkringan yang tersebar di seluruh penjuru Kota Pelajar ini.

Terus pilih angkringan yang mana ya kalau di Jogja, saking banyaknya sampai suka bingung.

Selain jumlahnya yang sangat banyak dan tampaknya ada di tiap penghujung jalan, angkringan di Jogja memang semakin beragam. Dari angkringan yang memang jadi destinasi turis saja, sampai angkringan enak yang diandalkan mahasiswa untuk menyambung hidup di akhir bulan. Nah terutama bagi kamu yang baru pertama kali menapakkan kaki ke Jogja, simak deh rekomendasi angkringan Jogja ala Hipwee yang harus kamu coba! (Sumber: hipwee.com)




Demikian materi Membuat Paragraf Pembuka. Tentu, dalam praktiknya, kita akan mengembangkannya lebih banyak lagi. Selamat belajar![]

No comments:

Pages