Apakah Ular Takut dengan Garam? - FLP Blitar

Apakah Ular Takut dengan Garam?

Share This

Apakah ular takut dengan garam?


Jawabannya ternyata tidak. Ternyata ular tidak takut pada garam, penulis mengutip dari penelitian ASPERA, yakni komunitas penggemar ular dan reptil asal Depok Jawa Barat.
Di hadapan para pengunjung yang menghadiri TNOL Gathering, ASPERA memperlihatkan bahwa ular memang tidak takut dengan garam. Bahkan ular tidak menghindar ketika ditaburi garam. Anggapan masyarakat selama ini ternyata salah.
Menurut Averroes Oktaliza, salah seorang anggota ASPERA, adanya pemikiran yang berkembang di masyarakat, bahwa ular takut dengan garam merupakan budaya dan pendidikan yang salah terhadap ular. Dan, uniknya kesalahan tersebut masih terjadi hingga kini dimana setiap orang selalu membawa garam untuk menakuti ular, baik ketika berpetualang di alam bebas atau di rumah.
Lalu ular takut dengan apa?
Ternyata ular takut dengan benda yang memiliki aroma yang sangat menyengat seperti bau karbol, pembersih lantai dan pembersih toilet lainnya. Oleh karena itu, kalau mau aman saat camping atau berkemah terhadap serangan ular, maka siram saja sekeliling tenda dengan karbol.
Apakah karbol itu?
Karbol adalah cairan pembersih lantai yang berfungsi untuk membunuh kuman, bakteri maupun jamur, mengatasi bau yang sangat membandel, keset dan wangi, bisa juga untuk membersihkan kerak yang membandel atau juga bisa memakai baking soda, boraks, soda Super cuci, sabun Kastilia, cuka putih dan anti-septik minyak esensial seperti lavender, minyak pohon teh, kayu putih, kayu manis daun, cengkeh, jeruk manis atau rumput lemon.
Nah! Sekarang sudah tahu kan kalau ular itu ternyata tidak takut yang namanya garam. Melainkan takut sama K-A-R-B-O-L.
(Ahmad Saifudin / Blitar, 11-08-2015)

No comments:

Pages