FGD bersama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno - FLP Blitar

FGD bersama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Bagikan




Selasa (28/11), FLP Blitar bersama dengan komunitas literasi lain, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota, serta para pemustaka terbaik menghadiri undangan UPT Perpustakaan Proklamtor Bung Karno dalam agenda Forum Group Discussion (FGD). FGD kali ini diselenggarakan dengan tajuk "Optimalisasi Ruang Gedung dan Peningkatan Layanan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai Pusat Literasi Kebangsaan". 

Evaluasi dengan skema diskusi ini dihelat di Lesehan Bu Mamik, Kota Blitar. Dengan dihadiri oleh tamu undangan dari pelbagai elemen —mulai dari internal hingga eksternal UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Forum dimulai sejak pukul 8.30 dan berakhir sekira pukul 11.30 WIB. Rangkaian kegiatan FGD sendiri meliputi pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, laporan kegiatan oleh Kasubag TU, sambutan kepala UPT, pengantar sesi diskusi, paparan kepala UPT, sesi diskusi, sampai penutupan sesi diskusi. Tiap-tiap sesi acara berlangsung dengan baik dan lancar.




Kepala UPT sempat memaparkan mengenai gambaran dan tujuan dibangunnya gedung A hingga D. Digadang-gadang, pada tahun 2024 akan diselesaikan pembangunan gedung baru berlantai empat. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno konsisten mengoptimalisasikan pelayanan dan sedia memfasilitasi para seniman, budayawan, penulis dan para pemustaka dalam menelurkan karya-karyanya. 

Kemudian, pada sesi diskusi, FLP Blitar yang diwakili oleh Rizky Saputra dan Zulfa IIlma Nuriana menyampaikan kritik dan saran mengenai ruang gedung dan layanan UPT Proklamator Bung Karno. Hal-hal yang disampaikan antara lain mengenai efisiensi sistem OPAC, layanan inklusi sosial, ruang baca terbuka, ruang baca hijau, layanan memorabilia Bung Karno, dan dukungan terhadap penulis-penulis Blitar Raya. Semua hal tersebut pun selanjutnya ditanggapi oleh Kepala UPT Proklamator Bung Karno.

Beberapa hal tersebut ada yang memang telah masuk agenda tahun 2024 dan ada pula yang masih akan dimasukkan. 

Agenda FGD kali ini memberikan kesan yang berarti bagi Forum Lingkar Pena Blitar —sebagai salah satu komunitas literasi yang bergerak di Blitar Raya. FLP Blitar berterimakasih atas dilibatkannya kami dalam berbagai agenda UPT Proklamator Bung Karno.

Melalui FGD ini juga FLP Blitar semakin meyakini jika geliat literasi, khususnya di bidang kepenulisan di Blitar Raya akan terus melesat ke arah yang positif. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno turut mengapresiasi digelarnya FGD ini. Sebab hal ini mengindikasikan adanya keinginan dan tekad yang kuat dari Perpustakaan Bung Karno dalam mewadahi dan memfasilitasi para pegiat literasi serta penulis-penulis di Blitar Raya.

Sebagaimana telah ditegaskan oleh Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno beserta jaharannya, harapannya FLP Blitar bisa terus bersinergi dan berkontribusi dalam melahirkan penulis-penulis serta karya-karya hebat lagi kelak.

No comments:

Pages