Cerkak dan Geguritan - FLP Blitar

Cerkak dan Geguritan

Bagikan


Workshop dilaksanakan pada tanggal 21 Februari pukul 08.00 WIB di Pendopo Sasana Adhi Praja Kanigoro Kabupaten Blitar. Peserta yang mengikuti adalah para guru serta para pegiat literasi di Blitar. Acara diawali dengan mc membacakan randown acara dengan bahasa jawa, kemudian diikuti dengan datangnya bapak wakil bupati blitar, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan, setelah itu ada persembahan lagu jawa salah satu isinya "sanikastu gangsar made, karih sugeh dosa turut mari" lagu yang menceritakan tentang penyambutan dan pembukaan. Selepas itu ada pertunjukan tari jawa yang bernama "Tari Remo" tari yang biasanya diapakai untuk penyambutan tamu. Setelah itu sambutan ketua panitia yaitu pak Imam Riyadi, kemudian selanjutnya sambutan dari Kepala Pusat Balai Bahasa Jawa Timur, dilanjutkan sambutan dari wakil bupati Blitar.


Kegiatan sambutan telah usai dan mc mengarahkan untuk istirahat dan makan snack, lalu setelah itu kegiatan inti di isi oleh pemateri pertama yaitu bapak Drs. Narko Sodrun Budiman, M. KPd. Materi yang diberikan adalah penulisan Cerkak. Beliau memberikan penjelasan tentang penulisan cerkak serta memberikan contoh setelah itu memberikan tugas untuk menulis cerkak dan materi kedua adalah Geguritan, beliau menjelaskan tentang materi geguritan.
Kegiatan ini berakhir dengan peserta yang mendengarkan menuliskan cerita Cergak dan Geguritan lalu di akhiri dengan penutupan.
Penulis; Lulu Kamalia

No comments:

Pages