FLP Cabang Blitar Ajak Siswa-Siswi MTSN 1 Kota Blitar Untuk Menerapkan Semangat Juang Pemikiran Bung Karno - FLP Blitar

FLP Cabang Blitar Ajak Siswa-Siswi MTSN 1 Kota Blitar Untuk Menerapkan Semangat Juang Pemikiran Bung Karno

Bagikan



Komunitas Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Blitar mengadakan seminar pemikiran Bung Karno pada Sabtu, (03/09/2022) yang bertempatkan di MTSN 1 Kota Blitar.

 

Acara seminar pemikiran Bung Karno ini mengundang mentor FLP Blitar yakni, Bapak Ahmad Saifudin, M.Pd. dan Ibu Ulil Fuadhah, M.Pd.

 

Kegiatan seminar ini ditujukan kepada siswa-siswi MTSN 1 Kota Blitar, dan diikuti oleh peserta seminar sejumlah 40 siswa dan beberapa guru pengajar.

 

Pada materi yang pertama dijelaskan mengenai implementasi nilai-nilai perjuangan Bung Karno dalam profil pelajar pancasila.

 

Siswa-siswi pelajar wajib mengetahui mengenai nilai-nilai perjuangan Bung Karno seperti, nasionalisme, kerakyatan, kemandirian, solidaritas, cinta tanah air, dan toleransi.

 

Nilai-nilai perjuangan di atas tidak hanya harus dipahami oleh pelajar seluruh Indonesia, namun juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam ranah seorang pelajar di sekolah.

 

Seorang pelajar yang telah memahami nilai-nilai perjuangan Bung Karno pasti akan memunculkan beberapa ciri-ciri utama seperti, beriman kepada Tuhan yang Maha Esa, bersikap mandiri, bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, berkebhinekaan global, mempunyai sikap gotong royong, dan kreatif.

 

Selanjutnya, pada materi seminar yang kedua siswa-siswi MTSN 1 Kota Blitar diberikan materi mengenai surat masa depan yang berkaitan dengan nilai-nilai perjuangan Bung Karno.

 

Sebenarnya untuk menulis surat masa depan itu sangatlah mudah, langkah pertama yang harus dilakukan ialah bercerita mengenai diri sendiri pada saat itu juga tanpa mengarang suatu keadaan yang terjadi.

 

Langkah yang selanjutnya, ialah menentukan diri sendiri di masa depan sesuai yang diinginkan. Dan langkah yang terakhir, ialah menyegel dan menyimpan surat tersebut untuk dikemudian hari.

 

Sungguh luar biasa materi yang disampaikan, siswa-siswi MTSN 1 Kota Blitar mengikuti kegiatan seminar saat materi pertama dan materi kedua hingga selesai.

 

Karena antusias siswa-siswi dalam mengikuti acara seminar ini ditunjukkan saat adanya beberapa siswa yang berani bertanya di depan, FLP Blitar beserta salah satu pemateri menghadiahkan buku kepada siswa atau siswi yang bertanya.

 

Tidak hanya sebatas mengikuti seminar saja, tapi FLP Blitar mengajak siswa-siswi MTSN 1 Kota Blitar untuk menulis surat masa depan berdasarkan nilai-nilai perjuangan Bung Karno untuk dijadikan antologi bersama.

No comments:

Pages