MOBIL BUNG KARNO - FLP Blitar

MOBIL BUNG KARNO

Ndalem Gebang, sebagai tempat tinggal ke dua orang tua Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia, menyimpan begitu banyak kisah dan rahsa. 

Di lingkungan sekitar rumah ageng yang berada di Jalan Sultan Agung nor 59 dan juga dikenal sebagai Istana Gebang itu, terdapat banyak peninggalan yang cukup menarik.

Salah satunya adalah benda bersejarah, yang berhubungan dengan rangkaian bangunan tua memanjang ke kanan dan ke kiri di belakang rumah besar. Di halaman luas di sebelah barat, akan kita lihat terusan bangunan rumah belakang, garasi tembok berwarna putih.

Ruang dalam bangunan itu sengaja dibangun bersekat dua ruang untuk kapasitas dua kendaraan. Salah satu yang sekarang masih ada adalah sedan Mercedes Benz type 190. Mobil warna hitam ini dulunya milik Bung Karno. Diproduksi pabrik motor asal Jerman tahun 1960 dan merupakan mobil mewah pada masanya.

Kalau diperhatikan dari posisi kemudi di sebelah kanan (umumnya di Eropa daratan kemudi di sebekah kiri) dan logo bendera merah putih bertuliskan INDONESIA, konon mobil ini dibuat khusus untuk memenuhi pesanan Bung Karno.

Kendaraan ini dikirim Bung Karno saat hendak ke Blitar di tahun 1961. Mula-mula untuk menjemput beliau di bandara Abdurrahman Saleh Malang, sebelum kemudian mengantarkan ke Blitar. 

Mobil ini digunakan selama kunjungan beliau di Blitar dan sekitarnya, dan selanjutnya ditetapkan untuk berada di Blitar. 

Setelah Bung Karno 'tidak pernah dapat' datang lagi ke Blitar,  mobil ini dipakai oleh kakak beliau, Ibu Wardoyo, di samping ada mobil lain yang dipakai Pak Wardoyo, sebuah sedan Opel  Capitan. Mobil sedan warna kopi susu itu dulu dipakai Bung Karno pada tahun 1950an. 

Keberadaan mobil lawas ini cukup menarik, karena menjadi salah satu saksi bisu dalam
kisah perjalanan perjuangan Sang Putra Fajar. 

Sekitar awal 1980an mobil mercedes hitam ini terus dikandangkan, setelah Ibu Wardoyo mendapat mobil sedan gres, Mitsubishi Galant silver, yang saat itu jarang orang memilikinya, apalagi di kota sebesar Blitar. 

Blitar,  12 Maret 2021

Sumber Gambar dan Inspirasi : Koleksi Pribadi,   
Museum Istana Gebang,  Jum'at, 12 Maret 2021

Pages