Belajar Islam dari Teknik Mesin - FLP Blitar

Belajar Islam dari Teknik Mesin

Bagikan
Oleh : Saiful Hardiyanto

Memulai  tulisan ini dengan sedikit cerita  flashback dimana 2015 lalu saat masih di pesantren Assalam Jambewangi tepatnya masa-masa menunggu wisuda kelulusan. Hari-hari saya terfokus untuk mempersiapkan ujian SBPTN karena pada masa itu saya ingin sekali untuk kuliah. Dan waktu itu saya di terima di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Pedidikan Sejarah Kebudayaan Islam. Namun tidak saya ambil karena saat minta restu bersama orang tua  ke pengasuh pondok yaitu abah Najib. Beliau menyarankan untuk tidak mengambil dan menyarankan untuk kuliah di Universitas Islam Raden Rahmat mengambil jurusan Teknik Mesin.

Bemodalkan keyakinan yang kuat atas saran beliau. Saya mantap untuk kuliah di UNIRA MALANG
Dengan bemodalkan suka mata pelajaran Matematika saat masih SMA, ketika  kuliah di jurusan Teknik Mesin semua bejalan dengan lancar, hingga suatu ketika anak Teknik Mesin ngopi di tempat teristimewa yaitu warung Cak Sis yang berada di dekat kampus.

Tanpa sengaja obrolan kala itu ada teman dari saya yang bertanya “apakah ada dalil al-quran yang menyebutkan tetang teknik Mesin”  saat itu juga kita saling mencari referensi tentang masalah itu. Subhanallah, hati terasa terketuk ketika tahu bahwa ada surat dalam Al-quran yang menyebutkan tentang Teknik Mesin yaitu pada surah Al-Hadid ayat 25.
 
Dalam ayat itu dijelaskan ”... Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia...”  dari kalimat di atas  kata  Al-Hadid yang memiliki arti besi.  Ketika kita kaitkan dengan teknik mesin maka ada korelasinya pada ilmu  material teknik yang mempelajari bahan-bahan material seperti besi(logam).

Nah saya sempat berfikir keras kenapa Allah menyebutkan kata besi kok tidak material lain ternyata besi itu sendiri memiliki  merupakan material yang kuat dan memiliki manfaat yang paling banyak dibanding dengan material lain. Hampir semua mesin saat ini pasti terdapat unsur besi seperti gawai yang kita pakai setiap hari, laptop, kipas angin, sepeda motor, dan barang-barang elektronik lainnya. Dari sinilah keimanan saya bertambah terhadap agama Islam, bahwa Allah SWT menciptakan besi yang memiliki berbagai manfaat bagi manusia.

Sabar ya,  ayat itu belum selesai “...dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya..” 

Nah... mari kita resapi sejenak kawan. Setelah Allah ciptakan besi dengan berbagai manfaat. Allah juga ingin mengetahui mahluknya yang dapat memanfaatkan besi (logam) untuk menolong agamanya. Nih saya contohkan  manfaat besi yang di jadikan menjadi  pesawat terbang sehingga kita bisa haji dengan mudah. Dengan adanya sepeda motor berjalan untuk menghadiri pengajian lebih mudah. Dan masih banyak lainnya.

Mungkin ini adalah satu hal yang membuat saat mantap dengan jurusan yang saya pilih. Hal ini juga yang melatar belakangi saya untuk mencipkatan inovasi-inovasi baru tetang dunia permesinan.Semoga dengan tulisan ini sedikit memberikan mafaat bagi pembaca.[]



No comments:

Pages