Kencan Puisi Bersama FLP Blitar - FLP Blitar

Kencan Puisi Bersama FLP Blitar

Bagikan


Forum Lingkar Pena Blitar berbagi tips dan trik bagaimana menulis puisi, serta cerita tentang proses kreatif pembuatan puisi yang akhirnya dibukukan dalam sebuah buku antologi berjudul Mengakrabi Sunyi.

Dipandu oleh Candra Setyawan yang juga anggota kelas puisi FLP Blitar, kencan puisi yang merupakan salah satu dari rangkaian event Ketemu Buku Blitar 2019 ini menghadirkan mentor puisi FLP, Jon Blitar, serta perwakilan penulis antologi Mengakrabi Sunyi, Rosy Nursita dan Adinda RD Kinasih.

"Saat ingin menulis puisi, saya tanya dulu ke mbah, mbah google maksudnya, tetapi membaca teori-teori yang ada, tambah bingung," Ungkap Jon, saat cerita pertama kali belajar membuat puisi.

"Jadi untuk pertama, yang penting menulis dulu, tidak sama dengan teori atau puisi karya penulis yang sudah terkenal, tak masalah," Lanjutnya.

Acara yang berlangsung di panggung luar gedung Graha Patria (3/10) itu dihadiri tak kurang dari 40 pelajar, mahasiswa, dan guru dan direlay langsung ke dalam gedung yang juga bisa didengarkan oleh pengunjung bazar buku.

Sementara itu, Rosy Nursita memberikan tips bagaimana agar puisi bisa dimuat ke media massa, selain juga memberikan motivasi agar tetap semangat meski karya ditolak editor atau penerbit.

"Kalau baru pertama lalu ditolak itu wajar, jangan patah semangat, justru harus lebih giat lagi berkarya," Ucapnya.

Pada sesi cerita proses kreatif pembuatan puisi untuk antologi Mengakrabi Sunyi, Adinda Kinasih membagikan tips agar lebih peka melihat situasi sekitar atau hal-hal sederhana yang dialami.

"Misalnya, salah satu puisi yang saya buat untuk buku ini terinspirasi dengan seorang barista perempuan yang saya temui di kafe langganan," Jelasnya.

Selain sesi materi, acara juga dilanjutkan dengan tanya jawab serta pembagian doorprize buku. Acara diakhiri dengan pembacaan puisi oleh tiga pemateri dan ditutup dengan foto bersama.

Sebagai info tambahan, buku antologi puisi Mengakrabi Sunyi juga bisa didapatkan pada bazar buku Ketemu Buku Blitar dengan harga Rp40.000, diskon 10% dari harga normal khusus selama event bazar buku berlangsung.

Jadi, ayo segera dapatkan. (Red/fa)

No comments:

Pages