Khanom Tom, Saudara Kembar Klepon dari Thailand - FLP Blitar

Khanom Tom, Saudara Kembar Klepon dari Thailand

Bagikan
Oleh : Ulil Musyaekh




Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah. Bahkan negara ini pernah melakukan ekspansi wilayah hingga daerah melayu, tepatnya melayu Pattani. Sebagian besar wilayah Melayu Pattani, seperti Narathiwat, Songkla, Yala, Pattani telah menjadi bagian dari negara Thailand. Sehingga, tidak heran jika sebagian penduduk Thailand merupakan orang-orang melayu dengan budayanya yang cukup identik dengan budaya nusantara. Salah satu hal yang memiliki keidentikan yaitu berkait kuliner. 

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan, minuman, maupun jajanan Thailand yang sudah sangat familiar di kancah internasional, seperti Tom Yam, Som Tam, Kwetiau, Thai Tea, Mango Juice, dll.

Perpaduan rempah-rempah dan rasa asam yang cukup dominan menjadi ciri khas masakan-masakah Thailand. Rasa tersebut mungkin cukup aneh bagi lidah pemula, meskipun banyak yang mengatakan bahwa perpaduan rasanya sangat enak. Namun, ada beberapa cita rasa bahkan bentuk makanan atau jajanan Thailand yang sangat familiar bagi lidah Indonesia, salah satunya adalah Khanom Tom, atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Thai Coconut Ball. 

Khanom Tom adalah salah satu jajanan tradisional Thailand. Namanya memang masih asing dan bahkan tidak begitu familiar. Namun, jika kita melihat bentuk dan merasakannya. Pasti kita tidak asing lagi dengan jajanan tersebut.

Iya. Apabila kita pernah makan Klepon, maka dapat dikatan bahwa itulah yang dinamakan Khanom Tom. Bentuknya tentu sudah tidak asing lagi, bulat hijau berbalut parutan kelapa, dan dalamnya berisi gula merah yang sudah meleleh. Namun sekarang warnanya sudah lebih bervariasi, tidak hanya hijau, bisa kuning, ungu, merah, dll.
 
Tidak jauh berbeda dengan Klepon yang dijual di Indonesia, Khanom Tom juga termasuk jajanan pasar yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu berkisar 10-30 bath. Atau setara kurang lebih 4-12 ribu rupiah. Pengemasannya pun juga tidak jauh berbeda. Mereka juga menggunakan wadah mika plastik. Terkadang wadah mika yang digunakan hampir mirip wadah mika gelas, meskipun kebanyakan menggunakan mika pipih yang biasa digunakan di Indonesia. Setiap mika biasanya berisi 6-10 butir dan bisa lebih. 

Selain Khanom Tom sebenarnya masih banyak lagi jajanan Thailand lain yang memiliki cita rasa hampir sama dengan jajanan Indonesia, namun kita tidak akan familiar dengan istilah yang mereka gunakan. Dan akan terkejut apabila melihat bentuknya terlebih mencobanya.[]

1 comment:

Rizkha said...

Setahun setelah tulisan ini, Klepon dihujat sebagai makanan tak islami... Hemmm indahnya negeri kita

Pages