Buat Sendiri Lolipopmu! (Wisata Asyik dan Mendidik di UD. Indah Jaya) - FLP Blitar

Buat Sendiri Lolipopmu! (Wisata Asyik dan Mendidik di UD. Indah Jaya)

Bagikan

Oleh : Alfa dan Isa

Wilujeng! Kurang lengkap rasanya jika tidak menuliskan perjalanan Minggu lalu. Sebuah pengalaman yang luarbiasa menarik  dan baru bagi kami di sebuah home industry yang dijadikan wisata edukasi. Ya, Rumah Lolipop memang masih satu-satunya yang ada di Blitar, sehingga memang terlihat berbeda dari wisata edukasi lain. Selain membuat suasana hati menjadi senang, berdebar-debar, kami juga mendapat wawasan tentang bagaimana cara membuat permen lolipop secara langsung.

Hari Minggu lalu (26/2/2017) saya dan Alfa, perwakilan Komunitas Penulis Blitar, mendapat tawaran dari Romo Budi selaku koordinator UKM (Usaha Kreatif Mandiri) untuk berkunjung ke Rumah Lolipop yang terletak di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar.

#

Berangkat dari Kota Blitar pukul 07.15 pagi, selanjutnya langsung menuju rumah Romo Budi yang terletak di Jalan Kalimantan. Sesampainya di sana, kami mengobrol tentang lokasi yang akan dituju, serta medan seperti apa yang harus dilalui. Mengingat lokasinya di Kecamatan  Binangun, dalam pikiran kami terlintas bahwa medan yang kami tempuh mungkin sulit, seperti jalan yang berlubang atau menanjak dengan kondisi jalan berbatu (makadam).

Kami berangkat dari rumah Romo Budi jam 08.15, kemudian menuju ke timur arah Bendungan Jegu. Rute yang biasanya bisa ditempuh dari arah Wlingi, tapi kami menempuh rute arah Lodoyo, karena lewat sana lebih rindang dan tidak begitu ramai kendaraan. Terlebih lagi di sepanjang jalan kami disuguhi pohon-pohon hijau dan suasana yang sejuk, melewati daerah wisata Kaloka membuat kami tak ingin gegas beranjak ke tempat tujuan.

Namun, perjalanan yang menegangkan dan berliku karena berada di daerah Binangun ternyata tak seperti yang kami bayangkan. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit, kami sampai di  di sebuah rumah yang telah disambut banner besar bergambar lolipop dan owner Rumah Lolipop-Bu Indah-yang tiba-tiba keluar dari persembunyian dan menyambut kedatangan kami dengan ramah dan penuh kehangatan.

#

Di Rumah Lolipop ini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan lolipop. Mulai dari mencairkan gula dengan suhu 150 derajat Celcius, memberikan pewarna makanan pada permen serta membuat pola belang pada permen. Lalu momen yang paling seru adalah saat mencetak lolipop menjadi berbagai bentuk.

Mencetak lolipop mungkin terdengar sepele. Awalnya kami juga berpikiran, apa sih susahnya meletakkan adonan permen pada cetakan. Ternyata pemikiran terlalu polos seperti orangnya, hehehe…

Untuk membentuk atau mencetak lolipop, kami harus berkejaran dengan waktu. Karena apabila adonan permen terlalu lama dibiarkan maka adonan itu akan dingin dan mengeras  sehingga tidak bisa dibentuk atau dicetak. Itulah mengapa saat adonan permen sudah dipotong kecil harus segera dimasukkan ke cetakan dan diberi gagang lolipop.

Bagi kami yang baru sekali ke sini dan belum terlalu mengerti caranya, tentu saja gelagapan mencetak lima kilogram adonan lolipop yang masih sedikit panas itu. Dan hasilnya, luarbiasa! Tidak karuan bentuknya! Hehehe…

Setelah selesai dicetak, kemudian lolipop dikemas dengan plastik dan pita cantik. Selain itu kamu juga bisa membawa pulang semua hasil karyamu. Dan bisa dipamerkan ke teman-temanmu.
Menarik dan seru bukan wisata edukasi Rumah Lolipop ini?

#

Rumah Lolipop juga menerima kunjungan dari berbagai instansi, sekolah, komunitas, lembaga atau hanya perkumpulan teman dan keluargamu buat datang ke asyiknya wisata edukasi Rumah Lolipop loh!

Untuk info lebih lanjut, bisa cek FP Rumah Lolipop, follow Instagram ud_indahjaya_blitar_jatim, atau bisa menghubungi WA di nomor 0821 8718 8018.[]

No comments:

Pages