Rutinan Penulis Blitar Telah Kembali - FLP Blitar

Rutinan Penulis Blitar Telah Kembali

Bagikan
   
    Minggu, 4 Desember 2022 Forum Lingkar Pena Cabang Blitar memulai kembali agenda rutin saban pekan yang dalam beberapa bulan terakhir sempat mengalami masa-masa vakum. Rutinan pada hari Minggu pertama di bulan Desember ini dilaksanakan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, tepatnya di Ruang Koleksi Khusus Bung Karno. Sementara, tema pembahasan dalam rutinan ini adalah kiat-kiat menulis esai populer yang disampaikan oleh salah seorang mentor FLP Blitar yakni Adinda RD Kinasih. Sebagai pemateri, Mbak Dinda -sapaan akrabnya- memaparkan dasar-dasar pemahaman mulai dari pengertian esai populer, dimana kita dapat menjumpai atau mempublikasikan esai populer, hingga manfaat praktis ketika kita menulis esai populer.
    Rutinan dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh Rizky Saputra selaku moderator dan dilanjut dengan pengantar atau kultum oleh Ikla Harmoa selama kiranya tujuh menit. Berikutnya, rutinan disambung dengan pemaparan materi dengan sistematika bahasan yang telah saya sampaikan di atas. Di penghujung acara rutinan, sebagaimana biasanya agenda rutinan penulis ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antar peserta rutinan. Beberapa pertanyaan pun dilontarkan oleh peserta yang hadir. Perbincangan dan diskusi nampak hidup dan penuh keceriaan. Terlebih, kehadiran Bapak Budi Kastowo selaku Pustakawan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno menambah hangat suasana sharing keilmuan pagi itu. Pak Budi dalam sesi akhir tersebut turut menambahkan ihwal teknik penggalian ide, proses penyampaian gagasan, pendapat, hingga pentingnya kita menulis dalam kacamata ke-Bung Karno-an. 
    Para peserta berharap, kembalinya Rutinan Penulis Blitar ini dapat menjadi awal lahirnya potensi-potensi kepenulisan di Blitar Raya khususnya. Selain itu, agenda rutinan ini seyogyanya dapat dijadikan wadah bagi penulis-penulis untuk menunjukan kemampuan, kekurangan, hingga keresahannya selama membentuk suatu tulisan. Rutinan penulis ini juga lumbung literasi yang tepat untuk meningkatkan kegemaran membaca, ketekunan menulis, hingga kemauan untuk menyuarakan apa yang ia baca atau apa yang ia tuliskan. Demikian kiranya konfigurasi/dasar tergagasnya rutinan penulis yang kini telah kembali mendeklarasikan eksistensinya lagi.
Flyer Rutinan Penulis Blitar: Minggu, 4 Desember 2022

No comments:

Pages