Menulis Itu Asyik dan Bikin Ketagihan - FLP Blitar

Menulis Itu Asyik dan Bikin Ketagihan

Bagikan


Menulis Itu Asyik dan Bikin Ketagihan

Barangkali di awal-awal terutama bagi pemula, menulis itu berat. Bingung mau nulis apa. Bingung mau mulai darimana. Lama-lama jika jadi rutinitas akan jadi biasa. Bahkan ada yang terasa hilang jika sehari saja tidak menulis.

Itu kenapa mereka bilang menulis itu asyik. Kita bisa melakukan banyak hal dengan menulis. Mulai dari mengabadikan kenangan, menawarkan ide-ide segar, bahkan juga sebagai obat hati.

Bagaimana menulis bisa menjadi obat hati? Pernahkan sobat punya masalah yang berat, bertumpuk-tumpuk malah. Nah, kita bisa mengurai masalah apa saja dengan menuliskannya. Ya, mencatat dan menulis semua curahan hati dari semua uneg-uneg dalam pikiran. Baru setelah itu, bisa dibaca ulang. Lalu dipilah-pilah masalah mana yang paling ringan dan mudah diselesaikan, itu yang perlu dikerjakan lebih dahulu.

Menulis juga bisa untuk terapi pikiran. Dengan menuliskan apa yang mengganggu pikiran terasa seperti membuang sedikit beban. Hal-hal ruwet di kepala ketika dituliskan jadi lebih jelas dan terbaca. Kadang malah akan tertawa saat tahu, oh inikah yang membuat pikiranku terganggu. Tentu saja setelah jelas karena ditulis, jadi sadar bahwa semua hanya masalah sepele yang bertumpuk-tumpuk. Sebenarnya solusinya simple saja. Fokus menyelesaikan satu urusan dulu. Jika sudah selesai, baru mentuntaskan yang lainnya.

Apalagi menulis juga bisa mengabadikan kenangan. Layaknya sebuah lukisan, hanya saja sebuah tulisan diukir dengan kata bukan dengan gambar. Kapan saja kita membaca ulang, akan banyak kenangan yang terkenang. Tentunya menggelitik di hati. Rasa nano-nano tepatnya. Entah itu rindu, sedih, atau bahagia dan sebagainya. Perasaan itu akan begitu saja muncul dengan sendirinya. Seru kan!

Atau ketika ada ide brilian tapi tak tahu bagaimana menyampaikannya. Bisa kita tulis itu agar banyak yang memahami ide kita. Ide pun bisa terlaksana.

Begitu penting sebuah tulisan bagi yang mengerti manfaatnya. Dan bagi penulis produktif itu sebuah keasyikan tersendiri. Bahkan serupa candu, bikin ketagihan. Gatal ingin menuliskan apa yang dialami dan dirasakan sekarang. Tak bisa ditahan.

Namun, agar bisa sampai pada tahap itu ada proses panjang. Yaitu menulis,menulis, menulis dan terus menulis. Tak bisa dipungkiri lagi mula-mula memang harus dipaksa menulis. Begitu itu jadi kebiasaan maka menulis akan semakin asyik dan bikin ketagihan.

Bagi kamu yang suka menulis, coba paksalah diri untuk rutin menulis! Semoga jadi penulis yang produktif dan ketagihan menulis. Selamat mencoba.

No comments:

Pages