8 Tips Sehat Menjalani Puasa Ramadan - FLP Blitar

8 Tips Sehat Menjalani Puasa Ramadan

Bagikan

| Oleh Saiful Hardiyanto

Sumber foto : femalesia.com

Tak tersa kita kembali memasuki bulan suci ramadan yang ke 1440 Hijriyah. Ramadhan adalah saat ketika seorang muslim didorong untuk belatih menahan diri dengan berpuasa.

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja. Walaupun tidak makan dan minum di siang hari, tubuh kita masih bisa memiliki cairan danenergy yang cukup jika puasa itu dilakukan dengan baik dan benar.

Maksudnya dilakukan dengan
memperhatikan aspek kesehatan tertentu yang sesuai dengan aturan ibadah puasa di bulanramadan dan sunah rosul.

Berukut 8 tips sehat saat berpuasa. Tips sehat saat berpuasa dalam artikel ini diolah dari beberapa sumber, antara lain dari doktersehat.com dan tulisan dr. Masludi S, seorang dokter umum dari Indramayu yang menulis di nu.or.id.

Simak ulasan beberapa tips sehat saat anda berpuasa berikut ini :

1. Minum yang cukup

Tips sehat pertama saat berpuasa yaitu dengan minum air dengan cukup 1,5 liter atau setara dengan 8-10 gelas perhari. 4 gelas saat buka sampai sholat Taraweh, 2-3 gelas setelahsholat Taraweh dan 2-3 gelas saat bangun Sahur sampai Imsak.

2. Pola makan yang sehat

Pola makan yang berubah saat berpuasa harus tetap diperhatikan agar tetap sehat. Tips sehat kedua saat berpuasa ini jangan sampai ketika makan buka puasa sebagai ajang balas dendam, sedangkan makan sahur malas-malasan.

Untuk menjaga pola makansehat, makanan saat sahur dan buka harus memenuhi standar gizi yaitu 50 persen karbohidrat, 25 persen lemak, 10-15 persen protein serta vitamin dan mineral secukupnya.

Karbohidrat biasadidapatkan dari nasi, kentang atau jagung. Lemak biasanya berasal dari daging, keju, kuning telursusu dan lainnya. Protein biasanya ada dalam ikan, tempe, tahu. Sedangkan sumber vitamin danmineral dari sayuran dan buah-buahan.

3. Berbuka dengan proporsional

Pelbagai hidangan khas ramadan seringkali menggoda untuk disantap saat berbuka. Makanan segitu banyaknya membuat kita berbuka dengan berlebihan. Padahal, tips sehat ketiga saat berpuasa yaitu berbuka dengan proporsional. Sebelumnya telah disebutkan untuk makan sesuai standar gizi.

Untuk menjaga proporsi tersebut, makanlah secara bertahap, mulai denganmakanan pembuka terlebih dahulu kemudian shalat maghrib dan dilanjut makanan pokok.

4. Makan kurma

Tips sehat keempat saat berpuasa yaitu mengonsumsi kurma. Buah ini merupakan salah satu makanan yang berkhasiat untuk mengembalikan energi, kurma juga kaya kandungan zat gizi sepertimagnesium, kalium, niasin dan serat.

5. Tidur sesaat waktu siang hari

Tips sehat kelima saat berpuasa yaitu qailulah atau tidur siang sesaat. Tidur sesaat waktu siang berguna untuk menghindari keluarnya keringat secara berlebihan. Selain itu, tidur ini merupakansalah satu sunnah nabi.

6. Atur waktu olahraga

Tips sehat yang keenam saat berpuasa, bagi para olahragawan yang ingin tetap bugar. Sebaiknya tidak melakukan olahraga yang terlalu keras selama bulan ramadhan. Kalau ingin berolahraga cukup dilakukan sejam sampai setengah jam sebelum berbuka puasa di sore hari.

7. Membatalkan puasa jika terjadi masalah kesehatan

Tips sehat yang ketujuh saat berpuasa yaitu jika terjadi permasalahan kesehatan, langsung batalkan puasa. Karena Islam memberikan kemudahan untuk umatnya, jangan sampai puasa kitajustru tidak memberikan faedah dan justru menimbulkan madharat.

8. Orang fisiknya lemah

Tips sehat yang terakhir bagi orang yang fisiknya lemah saat berpuasa yaitu mendengarkan konsultasi dokter. Bagi lansia, pasien hipertensi, penyakit jantng dan asma sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh, dan selalu melakukan kontrol jika ada ganggua kesehatan.

Sumber : dompet dhuafa dan doktersehat.com

No comments:

Pages