Rutinan FLP Blitar : Upgrading dan Reaktivasi Anggota - FLP Blitar

Rutinan FLP Blitar : Upgrading dan Reaktivasi Anggota

Bagikan

Oleh : Kinanti Putria

Hari ini Ahad tanggal 1 Oktober 2017 bertepatan dengan peringatan hari kesaktian pancasila, FLP Blitar mengundang seluruh anggota untuk bisa hadir dalam agenda upgrading dalam rangka reaktifasi serta evaluasi keanggotaan FLP Blitar yang telah enam bulan berjalan kepengurusan periode 2017-2019.

Sedari pagi cuaca agaknya sedikit mendung namun tidak hujan, dalam hati saya berharap semoga sampai siang nanti cuaca akan terus bersahabat sehingga saya bisa hadir dalam acara penting tersebut. Maklum bagi emak- emak dengan dua balita seperti saya selalu rempong kalau harus membawa atau meninggalkan anak- anak sehingga segala persiapan harus diantisipasi sedemikian rupa.

***

Sekitar pukul 12.35 saya sudah berada di Perpustakaan Bung Karno, saya melihat Pak Budi yang berjalan menuju pintu depan. Setelah saya parkir motor segera saja ke lobi tempat dimana undangan tertera, disana hanya ada saya dan Pak Budi disusul kemudian oleh Radit.

Sembari menunggu teman yang lain kami berbincang, dan menyimak penuturan Pak Budi tentang pengalaman beliau bekerja di berbagai instansi kedinasan di kota Blitar bahkan sampai ke Jakarta, serta berdiskusi tentang pengambilan jurusan di perkuliahan dan prospek ke depan.

***

Tepat pukul 13.00 masih ada kami bertiga, tak lama kemudian muncullah Nezli yang sudah agak lama tak terlihat di rutinan karena kesibukan barunya bergelut dengan dunia kemahasiswaan.

Lewat pukul 13.00 barulah mulai banyak yang hadir dan Alhamdulillah rutinan hari ini lumayan banyak yang bisa hadir termasuk wajah- wajah lama yang baru bisa muncul. Mungkin pengurus sudah memperkirakan kehadiran kali tidak seperti biasanya sehingga lobi perpustakaan adalah pilihan tempat yang pas untuk diskusi kita siang ini.

***

Acara dimulai pukul 13.45 dengan anggota 8 anggota laki-laki dan 8 anggota perempuan ( masih ada beberapa yang datang menyusul hingga total kehadiran 18 orang).

Kali ini Faridha yang bertugas menjadi MC, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan ketua FLP Blitar yaitu Rosy yang menyampaikan agenda apa saja yang perlu segera dibahas dalam pertemuan tersebut. Dilanjutkan sambutan dari pembina yaitu Pak Budi yang menyampaikan tentang harapannya kepada FLP Blitar kedepannya bisa lebih banyak lagi mengekspose potensi yang ada di kota Blitar karena di kota inilah sebutan tempat pusara para raja disematkan.

Meski acaranya penting dan padat namun kita fleksibel saja, alhamdulillah ada rezeki lewat Adinda yang membawa kue dan air minum untuk dibagi dengan semua anggota yang hadir.

***

Lanjut ke agenda berikutnya yaitu refleksi berkarya oleh Fahri. Diawali dengan evaluasi divisi cyber dan divisi karya tentang tugas menulis yang dijadwalkan ternyata masih belum berjalan dengan optimal, maka perlu adanya perubahan yang bisa memotivasi anggota ( sedikit memaksa juga ) untuk mau dan bisa menulis diantaranya ada dua hal :

1. Tugas menulis di website masih akan berjalan dengan nama- nama tertentu yang ditunjuk atau yang mendapatkan amanah.

2. Tantangan menulis yaitu anggota ditantang untuk mengirimkan karya di berbagai media cetak. Atas usulan dari Mas Saif bahwa setiap karya yang akan dikirim ke media sebaiknya dibedah terlebih dahulu, hal ini untuk membangun kepercayaan diri penulis untuk mengirimkan karyanya ke media. Selain itu bagi anggota yang karyanya sudah dimuat di media offline maupun online diharapkan melapor pada pengurus sehingga bisa terdokumentasikan.

***

Bagian penting dari agenda hari ini adalah tentang reaktivasi keanggotaan FLP Blitar yang kita diskusikan bersama-sama dimulai dari ketua FLP Blitar yang menyampaikan keaktifan struktural pengurus di dalam kegiatan baik rutinan maupun event-event yang diadakan.

Berdasarkan usulan dari beberapa anggota jika dirasa perlu untuk penyusunan ulang (reshuffle pengurus) maka bisa dilakukan namun harus ada job discription yang  jelas untuk masing- masing divisi. Hal ini sangat penting karena agar semua pengurus tahu dengan jelas apa saja tugas dan amanah yang harus dikerjakan.

***

Selanjutnya kita membahas tentang reaktifasi anggota yang diwakili oleh divisi kaderisasi dengan membacakan kriteria anggota aktif dan yang dianggap tidak aktif antara lain :

Kriteria Anggota aktif hanya dua :

1. Aktif mengikuti kegiatan FLP Blitar (berupa pertemuan rutin atau kegiatan non rutinan lainnya).

2. Aktif menulis, terutama di website FLP Blitar, dan juga di media lain.

Kriteria Anggota tidak aktif :

1. Tidak mengikuti kegiatan FLP Blitar sama sekali, meskipun sudah mendaftar.

2. Tidak menghadiri kegiatan FLP Blitar baik yang rutinan maupun non rutinan tanpa informasi yang jelas
Tidak menulis untuk website sama sekali.

Penjelasan Lanjutan :

1. Jika anggota aktif mengikuti kegiatan FLP Blitar, namun tidak aktif menulis, masih dianggap anggota aktif. Sebab bisa jadi ada beberapa kendala yang membuatnya belum menghasilkan tulisan.

2. Jika anggota aktif menulis di website dan media lain, namun tidak pernah mengikuti kegiatan FLP Blitar, maka dianggap anggota tidak aktif.

3. Jika anggota aktif menulis di website dan media lain, namun masih beberapa kali mengikuti kegiatan FLP Blitar dalam enam bulan terakhir, maka dianggap anggota aktif.

Dari kriteria di atas maka divisi kaderisasi akan memilah mana saja anggota yang dikategorikan aktif dan mana yang tidak aktif untuk selajutnya bisa ditindaklanjuti dengan pendekatan personal sebelum ke tahap dikeluarkan dari keanggotaan.

***

Ketika masalah reaktifasi sudah clear maka dilanjutkan membahas kepanitiaan launching Antologi puisi yang sudah semakin mendekati jadwal acara. Meski diskusi kita agak terganggu dengan adanya suara yang agak berisik di sebelah selatan, Alhamdulillah kepanitiaan launching telah terbentuk dengan Radit sebagai ketua panitianya ( selamat ya Nak...he..he...).

Akhirnya agenda kita selesai sekitar pukul 16.05 dan ditutup oleh Faridha dengan harapan semoga progress FLP Blitar ke depan bisa lebih baik lagi.

Sungguh mengurus sebuah organisasi itu memang butuh keseriusan dan keikhlasan dari semua anggota untuk bisa bersama menjalankan dan membesarkan apa yang telah diamanahkan. Karena setiap amanah akan kita pertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat.

***

Terima kasih buat teman-teman yang sudah silaturahim bersama di Ahad siang ini, semoga Allah senantiasa memberi kita kesempatan dan kesehatan di Ahad-Ahad berikutnya, sehingga silaturahim kita akan terus terjaga. In shaa Allah ada banyak ilmu yang bisa saya dapat hari ini, semoga di agenda-agenda berikutnya akan banyak ilmu bermanfaat yang dibagikan di forum literasi tercinta kita, serta tetap semangat berbagi dan mencari ilmu. Karena di sebuah hadits disebutkan "Barangsiapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan jalan baginya ke surga." (Mutafaqqun'alaih).

Semangat Berbakti, Berkarya, dan Berarti.[]

No comments:

Pages