Siapakah yang Paling Cocok Jadi Dilan? - FLP Blitar

Siapakah yang Paling Cocok Jadi Dilan?

Bagikan

Oleh : Adinda RD Kinasih

Saya membeli novel Dilan dan Milea edisi revisi tahun lalu, setelah ada nama-nama aktor yang dicalonkan untuk memerankan Dilan versi film yang akan segera dibuat.

Dari situ, muncul rasa penasaran saya akan sang penulis Pidi Baiq dan novel yang katanya berdasarkan kisah nyata itu.

***

Jika dilihat dari novel, karakter Dilan yang dapat saya tangkap seperti ini; seorang pemimpin geng motor yang berjuluk Pamglima Tempur, cukup bandel, namun jujur, humoris, pintar, dan sangat menyayangi sang ibu.

Kemudian, saya melihat daftar nama aktor yang "dicalonkan" sebagai Dilan. Dua yang saya ingat kala itu, yakni Reza Rahadian dan Adipati Dolken.

Hmm... Reza? Adipati? Rasanya kurang pas. Begitu pikir saya. Meski saya memfavoritkan akting Reza, tapi rasanya kurang cocok untuk karakter Dilan. Ditambah lagi umurnya yang lebih tua ketimbang Dilan, hehehe.

***

Lalu, ada satu nama baru yang muncul. Gusti Rayhan, yang ternyata adalah putra dari pengacara Farhat Abbas. Ini dia. Lebih baik jika pemerannya adalah para pendatang baru. Lagipula, dilihat dari wajah dan postur tubuh, Rayhan cukup mewakili karakter Dilan. Usia mereka pun sebaya.

Tapi kemudian, nama Rayhan tenggelam, begitu pula sejumlah nama lain yang sempat disebut-sebut akan memerankan Dilan dalam film. Ini membuat saya makin penasaran, siapakah sebenarnya yang akan terpilih?

***

Pertengahan Juli lalu, saya dibuat kaget dengan diputuskannya Iqbaal CJR yang akan memerankan Dilan. Wah, akhirnya Iqbaal? Saya sungguh tak mengira.

Menyoal akting, sebenarnya lelaki bernama lengkap Iqbaal Diafakhri Ramadhan ini sudah pernah mencobanya di sejumlah film. Yang terakhir adalah Ada Cinta di SMA, yang rilis tahun 2016 lalu. Dalam film bergenre remaja itu, karakter Iqbaal juga cukup bandel, namun pintar. Sekilas mirip dengan Dilan, tapi 'kenakalan' Dilan tetap lebih 'ekstrem'.

Ternyata, sang Milea asli juga berperan atas terpilihnya Iqbaal. Dalam akun Instagram-nya, Milea sempat memposting foto Dilan asli yang disandingkan dengan Iqbaal. Cukup mirip juga menurut saya.

***

Belakangan, nama Jefri Nichol terlintas di benak, setelah sedikit berbincang dengan teman tentang siapa yang paling cocok memerankan Dilan. Dia menyebut nama Jefri Nichol.

Saya pikir, iya juga ya. Lelaki kelahiran 1999 ini punya wajah yang terkesan badung. Kualitas aktingnya juga bagus. Saya pertama kali menonton akting Jefri dalam film pendek Surat Cinta untuk Starla; juga dalam film horor Jailangkung yang dirilis bulan lalu.

***

Namun, se-sengit apapun kita berdebat tentang siapa yang paling cocok menjadi Dilan, tetap Iqbaal yang telah diputuskan menjadi pendamping Vanesha Prescilia, sang pemeran Milea.
Vanesha sendiri adalah adik dari Jevin Julian. Dan dia dipilih langsung oleh Pidi Baiq untuk memerankan Milea.

Seperti apa gambaran Dilan dan Milea di layar lebar? Tunggu tanggal mainnya, di 22 Desember tahun ini. Semoga sama bagus seperti novelnya.[]

28 Juli 2017
Adinda RD Kinasih

Keterangan Gambar :

Novel Dilan photo by Alfi Hasanah
Dari atas : Iqbaal CJR, Gusti Rayhan, Jefri Nichol.
Sumber foto : Google.com

No comments:

Pages