Perayaan 365 Hari UMKM Blitar Raya : Seminar Motivasi, Marketing, dan Leadership oleh Remaja Tampubolon - FLP Blitar

Perayaan 365 Hari UMKM Blitar Raya : Seminar Motivasi, Marketing, dan Leadership oleh Remaja Tampubolon

Bagikan


Pada bulan Mei ini suasana di Blitar begitu meriah, ada beberapa perayaan dan bazar di beberapa tempat. Salah satunya adalah perayaan 365 hari UKM Blitar Raya. Perayaan UKM ini dalam rangka pengangkatan Desa Rejowinangun sebagai desa UKM dan diselenggarakan dalam 3 hari, mulai tanggal 19 Mei sampai dengan 21 Mei 2017 di Pendopo Kabupaten Blitar.
 
Minggu, 21 mei 2017.  Hari terakhir perayaan UKM Blitar ini ditutup dengan seminar motivasi  leadership dan salesman yang dibawakan oleh motivator Remaja Tampubolon dari Jakarta. Remaja Tampubolon adalah sebuah nama dari motivator yang mengisi seminar hari ini. Remaja Tampubolon atau yang akrab dipanggil Pak Jaja ini adalah seorang motivator yang ahli di dalam leadership dan salesman. Beliau juga seorang motivator nasional yang namanya sudah dikenal di Indonesia. Dan pada hari Minggu ini beliau mengisi seminar di Blitar.

Seminar ini diselenggarakan di Aula Kampung Coklat di Desa Rejowinangun Kabupaten Blitar dengan judul “Mewujudkan UMKM mandiri dan berdaya saing”. Seminar yang diikuti oleh jajaran pelaku UKM,pengusaha bahkan mahasiswa ini dimulai pukul 8.30 WIB.

Dari FLP Blitar sendiri diberikan jatah 4 tiket masuk. Pukul 9.30 kami; saya, Rosy, dan Ratna perwakilan dari FLP Blitar tiba di tempat seminar. Sebenarnya masih ada Mas Hendra tapi karena dia ada acara tiba-tiba sehingga hanya kami bertiga yang datang ke sana. Sesampainya di sana, acara sudah dimulai dan kami langsung masuk ke materi awal acara. Peserta seminar di sana kurang lebih 400 orang yang hadir. Mulai dari pengusaha dan pelaku UKM hingga Mahasiswa dan pelajar.

Ada kurang lebih 3 materi pokok yang akan dibawakan oleh Remaja Tampubolon. Dan juga ada sesi tanya jawab seputar leadership dan salesman.

Materi yang pertama, dimulai dari dasar-dasar mengelola usaha yaitu 5P: Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (SDM). Fokus utama pengusaha tentu saja adalah produk. Produk yang dimaksud adalah bisa berupa barang ataupun jasa. Akan tetapi walaupun yang utama adalah produk aspek-aspek lain dalam 5P ini juga harus diperhatikan. Sebagaimana Pak Jaja mendemonstrasikan jika seorang penjual juga harus memperhatikan kebutuhan pelanggannya, bukan hanya menjejali pelanggan/pembeli dengan produk dan harga saja, akan tetapi cara melayani pembeli juga tak kalah penting.

Materi kedua adalah seorang pengusaha harus fokus dalam satu bidang, Specialist. “Pekerjaan tak akan selesai jika dikerjakan secara bersamaan” itulah yang Pak Jaja ucapkan.  Karena tuntutan hidup dan keadaan. Para pengusaha biasanya mempunyai berbagai cabang usaha sehingga fokus mereka terbagi dan menjadi tidak maksimal dalam menjual produknya.

Materi ketiga yaitu bagaimana cara menentukan atau memilih karayawan yang baik dan kompeten. Cara memilih karyawan atau sdm yang baik adalah cari mereka yang satu tujuan dengan perusahaan kita. Jika ada karyawan yang mendaftar atau memilih pekerjaan hanya dengan memandang dari sisi enaknya saja, jelas sekali jika suatu saat perusahaan dalam keadaan yang sulit maka bisa dilihat bahwa karyawan seperti itu malah akan menimbulkan masalah yang lain.

Materi ke empat. Pak Jaja mengajari kita bagaimana cara berbisnis yang baik. Orang akan memilih berbisnis dengan oranglain yang mereka percaya. Maka dalam menjalankan bisnis, kita harus profesional untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen maupun partner bisnis kita.

Terakhir, Pak Jaja memberitau para peserta bahwa semua hal dan usaha yang kita lakukan harusnya didasari dengan rasa cinta. Jika sudah cinta, ujian sebanyak apapun pasti akan berhasil kita lewati.

Begitulah sesi seminar motivasi UKM kali ini. Dan ditutup pukul 12.00 WIB dengan menyanyikan lagu bersama-sama yang berjudul Karena Cinta  karya Joy Tobing dan dilanjut dengan sesi pembagian hadiah.[]

21 Mei 2017
Isa 

No comments:

Pages