Rutinan FLP Blitar : Belajar Tentang Resensi - FLP Blitar

Rutinan FLP Blitar : Belajar Tentang Resensi

Bagikan
Oleh : Ryan Adin Pratama

Ada apa di rutinan kali ini? Sebentar saya akan jelaskan. (Sambil minum kopi dan mulai mengetik...)

Ahad (07/05/17) pukul 13:00, seperti biasa kami menembus teriknya matahari (biasanya mendung sih), untuk berkumpul di Perpustakaan Makam Bung Karno lantai 2. Inilah kegiatan rutinan kami setiap Ahad untuk saling bertukar pikiran dan menambah wawasan dalam menulis.
Agenda Ahad ini kami mencoba me-review ulang buku Non Fiksi yang sudah ditugaskan minggu lalu untuk kami baca. Nantinya kami akan mencoba belajar bagaimana cara membuat resensi tentang buku yang sudah kami baca ini.

#

Eitss... Sebentar sebelumnya saya akan memperkenalkan dulu siapa-siapa yang datang pada rutinan kali ini.
Ada Mbak Siti Mutmainah sebagai MC rutinan, Mbak Fitria sebagai kultum dan Mbak Rosy sebagai pemateri tentang Bagaimana Membuat Resensi Buku.
Di kubu laki-laki ada Pak Budiyono, Mas Irsyad, Mas Azka, Mas Hendra, Mas Fahri dan juga saya Ryan. Lalu di kubu perempuan ada Mbak Ana, Mbak Dinda, Mbak Nezli dan Mbak Alfa, sebenarnya ada lagi Mbak Rizkha, sayangnya beliau hanya mampir bersalaman dan memberikan sekotak Brownies “merk perempuan”, alias Amanda. (Terima kasih Mbak browniesnya hehehe...).

#

Oke kembali ke topik bahasan awal tentang bagaimana membuat resensi buku yang sudah disampaikan Mbak Rosy. Awal mula membuat resensi buku, Mbak Rosy menjelaskan sebagai berikut:
1. Tahap Persiapan
a. Memilih jenis buku.
b. Usahakan buku yang baru sebagai objeknya.
c. Membuat anatomi buku (informasi awal mengenai buku yang akan diresensi) contohnya;
- Judul Karya Resensi
- Judul Buku :
- Penulis :
- Penerbit :
- Harga :
- Tebal :
2. Tahap Pengerjaan
Membaca dengan detail dan mencatat hal penting dalam buku tersebut.
Setelah membaca mulailah menulis karya resensi buku yang dimaksud, setidaknya mengandung beberapa hal yaitu; informasi awal buku dan menentukan tema yang menarik atau lebih tepatnya “provokatif”.

Itulah beberapa poin yang disampaikan oleh Mbak Rosy tentang bagaimana membuat resensi buku. Tak lupa pula setiap materi selalu membawa tugas. Kami ditugaskan untuk membuat resensi buku yang sudah kami baca dan dikirim melalui E-mail dengan deadline 1 minggu. (Mas,Mbak jangan lupa ya tugasnya hehehe...)

#

Usai pembahasan pokok rutinan, kami mulai membahas tentang project Buletin Bulanan yang memang sengaja kami buat sebagai bukti nyata kita ingin terjun lebih dalam di dunia kepenulisan.
Diawali dengan Mas Irsyad sebagai sang desainer buletin, yang membagikan beberapa buletinnya dengan ukuran A3 yang berisikan Biografi FLP Blitar, Esai Perempuan, Puisi Hari Bumi, Cerbung (Cerpen Bersambung), dan juga pengenalan kuliner dari UKM Blitar Raya yang beberapa waktu lalu kami kunjungi, yaitu Rumah Lolipop yang berlokasi di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.
Kami mulai membaca dan memberi masukan untuk menjadikan buletin ini menjadi lebih baik lagi nantinya (Maklumlah pertama terbit). Bila penasaran seperti apa Buletin FLP Blitar, bisa dilihat di Mading Perpustakaan Bung Karno yang terletak di depan pintu masuk sebelah kanan.

#

Sekitar pukul 15:25 kami cukupkan rutinan kali ini yang akhirnya ditutup oleh Mbak Mutmainah selaku MC.
Terimakasih kepada sahabat-sahabat yang sudah datang di rutinan hari ini semoga ilmu yang disampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Tak lupa juga bagi anggota yang belum bisa hadir kami tunggu kehadirannya untuk bisa berkumpul dan berbagi bersama kami.

#

Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk membuat catatan ini. Terimakasih untuk sahabat sahabat FLP yang penuh dengan inspirasi.[]

7 Mei 2017

Pages