Lagu-lagu Yang Sangat Familiar Bagi Saya, Namun Kurang Begitu Populer di Masyarakat (1) - FLP Blitar

Lagu-lagu Yang Sangat Familiar Bagi Saya, Namun Kurang Begitu Populer di Masyarakat (1)

Bagikan

Kebiasaan sejak lama, sejak masih SD, adalah mendengarkan musik. Kebiasaan itu terus menjadi-jadi ketika SMA, Kuliah, hingga sekarang ini. Apalagi, di era cyber yang memungkinkan kita mengakses banyak hal. Kalau di jaman baheula dulu biasanya saya sukanya beli kaset mp3 bajakan, sekarang kebiasaan itu hilang sama sekali. Hehe

Sekarang, kebiasaan baru adalah mendengarkan lagu lewat Youtube dan Soundcloud. Kadang juga download di beberapa situs gratisan seperti Stafaband. Baik di Ytube atau Soundcloud, ada banyak lagu-lagu dari Group Band atau Penyanyi yang kurang dikenal luas, atau katakanlah Indie. Ada juga lagu-lagu dari penyanyi terkenal, namun lagunya yang itu jarang diketahui Publik.

Ada banyak lagu memorable bagi saya namun tidak banyak orang tahu. Sebagian saya dengarkan sejak masih SD dulu, ada juga yang baru saya dapatkan belakangan ini dari Ytube ataupun Soundcloud. Inilah sebagian lagu tersebut yang saya rangkum di bagian pertama.

Letih – Numero Band
Lagu ini memang tidak pernah hitz. Tapi sejak pertama kali mendengarnya saya langsung jatuh cinta. Mendengarkan lagu ini membuat saya teringat masa-masa SMA, terutama kelas 1. Lagu ini sebenarnya sering saya putar ketika siaran di radio sekolah pas jam istirahat dulu. Numero sendiri adalah salah satu band jebolan ajang pencarian bakat (Dream Band) yang pernah diadakan TV7 (Sekarang Trans7). Selain Numero, salah satu Band jebolan ajang ini dan sekarang sangat populer adalah ... Kotak.

Just You And I – Millane Fernandez
Meski judulnya bahasa Inggris, namun sebagian besar lirik lagu ini adalah berbahasa Indonesia. Penyanyinya Millane Fernandez atau yang akrab disapa Millen. Millen sudah cukup dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga diluar negeri, terutama Jerman. Lagu Internationalnya berjudul Boom Boom, tahun 2014 yang lalu dia juga terpilih menjadi pengisi Soundtrack Piala Dunia yang duet dengan David Morrey. Lagu ini saya dapat di Ytube.

Badai Akan Berlalu – Leeming Band
Mungkin Leeming Band ini sangat asing sekali di telinga kalian. Ini adalah Band Indie asal Sukabumi. Vokalisnya sebenarnya adalah Mantan Penyanyi Cilik yang populer di tahun 2009 dan 2010, Yaitu Debo Andryos. Baik Lirik atau Instrument lagu ini bener-bener “gue banget”.

Dalam Pekatnya – New Eta
Saya suka lagu ini karena baik lirik maupun instrumentnya benar-benar emosional dan mewakili sisi terdalam dari setiap manusia yang patah hati atau cintanya tak terbalas. Ini lagu pertama kali saya dengar suatu malam di Radio Pandawa Fm Tulung Agung. Saya lupa kapan, tapi sekitaran masa SMA.

Bintang – Tahta Band
Sejak kemunculannya, saya memang suka Band ini. Tapi untuk lagu berjudul Bintang, jarang orang tahu. Selain –setahu saya—belum ada video klipnya. Lagu “Bintang” ini kalah populer dibandingkan hits-nya “Aku Masih Disini”. Lagu ini begitu syahdu dan cocok didengarkan malam-malam sendiri, menjelang tidur.

Penipu – Alexandia
Mungkin sudah banyak yang tahu lagu ini, tapi setahu saya jarang diputar di televisi. Pertama kali mendengarnya di Radio Kencana Fm Malang. Kala itu, di musim hujan, di tahun pertama saya menjadi mahasiswa di Malang. Setiap sore, selepas kuliah bahasa arab, saya mendengarkan radio Kencana dan lagu ini hampir selalu diputar. Sekarang, setiap kali mendengarnya, saya jadi teringat masa-masa itu.

Kekasihku Yang Pergi - Beage
Lagu ini menurut saya sangat jujur dan apa adanya. Menyanyinya pun begitu mengalir dan penuh rasa. Secara tak sengaja, saya mendengarkan lagu ini ketika berada di warnet. Operator warnetnya memutar lagu ini dalam sound tanggung yang menggema yang membuat ‘rasa’ lagu ini semakin terlihat. Saya kemudian bertanya judul dan penyanyinya. Saya tidak tahu apakah lagu ini termasuk yang jarang diketahui banyak orang, tapi teman-teman saya kurang familiar dengan lagu yang super bagus ini.

Cintaku Tertinggal di Malaysia – Ahmad Dhani
Mungkin banyak yang tahu lagu-lagu Ahmad Dhani, tapi bagaimana dengan yang ini? lagu ini saya dengarkan sekitar sembilan tahun lalu, ketika era friendster. Lagu ini membuat saya ingat dengan teman friendster yang sekarang tak ada kabarnya. Sebenarnya gak sengaja aja, waktu ngenet buka folder lagu-lagu dewa terus mendengarkan lagu ini sambil chat dengan teman itu. Jadi, lagu ini hanya sekedar pengiring.

Memiliki Untuk Selamanya – Chrome
Lagu ini pernah menjadi soundtrack FTV yang dibintangi Aldy Fairuz. Pertama mendengarnya –apa karena saya suka musik rock—saya langsung suka dan hunting di internet. Padahal, ini lagu lama, sekitar tahun 2008 an.

Aku Bukan Musuhmu – Dan Band
Sebenarnya ini lagu yang ngehitz tahun 2006. Waktu masih kelas 3 SMP saya sering mendengar lagu ini di Radio Citra Fm Blitar. Kadang juga di acara JJS Radio Patria setiap Malam. Tapi saya jarang (bahkan belum pernah) melihat video klip lagu ini diputar di televisi nasional. Lagu ini pula yang dulu menjadi teman perjalan saya ke Jogja ketika karyawisata SMP. Dulu masih menggunakan wokman atau mp3 kecil. Sekarang mp3 kecil itu harganya 20rb an. Padahal dulu saya beli masih 150rb an.

Ini dulu ya, masih banyak lagi sebenarnya. Nanti disambung di bagian kedua. Terima kasih sudah membaca.

9 November 2015
A Fahrizal Aziz
loading...

No comments:

Pages