Rutinan Penulis Blitar: Menjadi Blogger - FLP Blitar

Rutinan Penulis Blitar: Menjadi Blogger

Bagikan


Minggu di awal Juli ini (9/7) Forum Lingkar Pena Blitar kembali menyelenggarakan agenda rutinan penulis yang tekun dilaksanakan tiap dua pekan sekali. Seperti biasa, rutinan penulis membawakan tajuk dan tema baru di setiap pelaksanaanya.

Tepat di hari kesembilan bulan Juli, Divisi Karya FLP Blitar menggagas rutinan penulis yang bertajuk "Menjadi Blogger".

Suatu topik yang tentunya sudah akrab di telinga. Mengingat, blogger kini telah menjadi salah satu opsi pekerjaan utama maupun sampingan (freelance) yang menggiurkan, khususnya bagi anak muda.

Meski demikian, tak sedikit yang masih bingung tentang kiat-kiat dan teknis pembuatan blog itu sendiri. Bahkan, banyak juga yang masih mempertanyakan; blog itu untuk apa?, mengapa harus jadi blogger?, dan bagaimana cara menjadi blogger?

Untuk menjawab setiap pertanyaan itu, Rutinan Penulis Blitar edisi kali ini menghadirkan pemateri yang telah berpengalaman di bidang Blogging (nge-Blog). Adinda RD Kinasih, seorang blogger, pemilik kanal web Ruparasa.com.

Rutinan dilaksanakan di Ruang Koleksi Khusus Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Dengan posisi melingkar, para peserta rutinan menyimak tiap lantun penjelasan dari kak Dinda.

Kak Adinda RD Kinasih memulai penjelasan dengan bercerita pengalamannya sewaktu mengenal pertama kali dunia tulis menulis. Ia menuturkan, jika sejak duduk di bangku menengah pertama (SMP) kegemarannya menulis cerita pendek dan pelbagai macam tulisan sudah cukup tinggi.

Dengan keterbatasan media kala itu, kak Dinda menorehkan setiap isi pikirannya ke dalam buku dengan pena belajar sebagai penggoresnya. Barulah saat 2010-2011 ia lekas merintis blog miliknya melalui salah satu platform blog builder yakni Blogspot (kini lebih dikenal sebagai Blogger.com).

Menurutnya, kini menulis sudah amat praktis. Setiap orang tak perlu repot lagi mencari media atau membangun blog sendiri dengan coding atau metode yang rumit. Melalui platform Blogger misalnya, anda hanya perlu masuk dengan akun Google dan membuat blog sesuai instruksi yang tersedia secara jelas.

Dashboard awalnya pun sudah sangat lengkap mengakomodir setiap fitur yang ada. Anda bisa memposting tulisan, melihat statistik blog, komentar, memasang domain, mempercantik tampilan, dan sebagainya dengan percuma (gratis).

Rutinan Penulis Blitar edisi 9 Juli 2023 menyuguhkan suasana perbincangan nun hangat di tengah udara dingin dan murungnya langit yang nampak jelas dari kaca tepi ruangan. Diskusi dan gemuruh cerita dari masing-masing peserta turut meramaikan rutinan kali ini.

Banyak hal mewarnai obrolan, mulai dari relevansi menjadi Blogger di era serba visual dan hadirnya kecerdasan buatan (artificial intellegent), napak tilas sejarah munculnya blog, hingga kiat meramu tulisan yang potensial ramai dikunjungi pembaca.

Buat anda yang berminat mengikuti agenda rutinan penulis bersama kami. Dua pekan lagi (23/7), hadir dan ramaikan ya. Cek update informasinya di Instagram resmi kami @lingkarpenablitar.




No comments:

Pages