Nyampah Lagi! - FLP Blitar

Nyampah Lagi!

Bagikan



Aku jadi ketagihan bikin bacaan sampah kayak gini. Entah bermanfaat atau ga terserah yang baca ini dah! Yang penting ngetik aja. Tapi biasanya emang nyampah itu asik loh. Percaya deh…! Malahan banyak yg pengin sesuatu malah nyampah alias nyepam gitu.

Nah loh, sekarang apa itu nyepam? Nyepam itu maksudnye serapan dari kata spam dari Bahasa inggris yang artinya sampah plus ditambah imbuhan “ny” dari Bahasa Indonesia. Aslinya sih imbuhannya “meny”. Karena sering diucapin oleh kebanyakan orang biar cepet ngomongnya ya udah disingkat aja. Toh artinya juga sama. Makanya jadi nyepam. Kayak kata sapu, ditambah “meny” jadi menyapu dan jika disingkat jadi nyapu. Enak kan? Ngetik aja enak dan cepet. Eh, tapi inget ini ga berlaku di dunia Pendidikan dan formal yak. Kalau santai gini oke laaaah…!!! Apalagi typo, terserah author lah yg ngetik gmn. Yg penting nyepam aja dah. Toh intinya juga nyepam. Inget sekali lagi editotr, jangan diubah2. Biarkan alami gini aja. Typo2 gitu bairin aja. Cek aja! Pasti ketemu typo2nya kalau kalian teliti. Toh kita manusia masih bisa membaca dan memhamainya dg baik meski kelebihan huruf, kebalik2,atau malah kurang. Percaya deh cipataan tuhanm!

Tuh kan, anyak yg typo! Nah itu lah nyepam ga jelas alias tulisan sampah. Tp gmn pun jg nyepam itu ada yang baik dan buruk. Ga percaya? Dunia teknoliogi malah dibuthukan tuh spam! Gitu2 bisa mengambil keuntungan dari spam.

Ibaratnya ygh butuh spam gituu itu kayak pemulung atau tukang bagi2 brosru di pinggir jalan. Kita bagi 2 yak. Yg kayak pemulung gitu, kan mereka pinter pilih2 mana barang yang bagus mana yg ga bagus. Klo bagus bisa diolah lebih baik, klo yg ga bagus pastinya dibuang.

Nah, orang teknologi dunia digital ibarat mulung gitu. Cari spam mana yang baik dan mana yang buruk. Klaau baik mah ya dibuat ngefilter yg bagus buat ngehindarin data yang ga berguna biar ga kemasukkan sampah2 gitu. Nah filter itupun perlu algoritma buat pilih2 mana yang baik dan mana yg buruk. Bahkan, spam di dunia permedsosan jg banyak kata2 spam alias yang dibuat oleh computer yg auto generate buat komentar asal ataupun asal like gitu. Nah, biar lebih elegan spam nya alias baik diperlukan algoritma yang baik pula.

Misalnya nih klo auto like itu di-generate pake rentang sekian ke sekian biar ga dikira computer yg nge-like itu. Itu yang simple. Yg lebih rumit lagi klo nyepam pake kalimat. Itu Bahasa natural alias Bahasa kita. Kalau di dunia IT itu Bahasa kerennya natural language. Entah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Prancis, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, apapun lah itu disebut sebagai Bahasa Natural.

Di dunia IT ada mata kuliah khusus yang ngebahas itu. Gimana caranya generate kalimat yang baik dari Bahasa sehari-hari kita. Tentunya donk pake algoritma yang mungkin banyak yang ga paham bahkan org IT sekalipun yang masih belajar. Ituu rumiiiitt..!! perlu banmyak waktu buat belajar gmn bisa generate kata perkata bahkan bisa huruf per huruf biar bisa jadi kalimat yang apik!

Mungkin itu dah cukup bahas pemulung di dunia IT. Nah, sekarang kita lanjutkan td yang nyebarin brosur. Klo yang nyebarin brosur itu kayak mengirim pesan secara massif dan banyak ke segala media. Klo yg nyebarin brosur kan kita ditodong brosur entah di mall, di pinggir jalan, atau di manapun pokoknya menyebar biar promosi itu tercapai. Kalau di dunia IT itu pusatnya satu tapi langsung nyebar kemana pun yang penting punya alamat target yang siap disebarkan. Mirip kan?

Intinya sih seperti itu, nah kenapa kok itu bisa dibilanmg nyampah? Ya karena yg disebarin itu kadang merasa jengkel dan ga suka dapet hal-hal sperti itu. Selain itu jg, masih merasa ga butuh promosi itu. Kalau butuh pasti diambil dan dimanfaatin. Kayak spam di email kita, secara auto klo ada pesan spam gitu dan sumbernya ga dikenali oleh tempat yang dispami. Langsung masuk ke folder spam. Nah, kita sebagai yang nerima spam itu klo butuh pasti diambil dan dimanfaatin untuk hal-hal tertentu. Klo ga butuh ya dibiarin di folder spam itu dan lama2 membusuk alias kehapus otomatis oleh sistem.

Kiranya aku harus mencukupkan nyampah kali ini, eh malah bahas di dunia IT. Makin ngelantur aja nyepam ini. Haha… intinya kalau kalian bertahan membaca sampah ini sampe akhir ya syukur. Aku yang ngetik ini seneng ada yang puas baca sampe titik sini. Entah mau paham atau ga itu juga urusan kalian. Secara tidak langsung pula kalian akan otomatis menjadi pemulung informasi dari dunia IT biar bisa ngefilter mana yg sampah mana yg nggak atau bahkan milih sampah yang baik atau yang buruk.

Sekian nyampah kali ini, semoga ada ide2 tentang persampahan lagi entah tulisan ga jelas atau malah keberatan dengan informasi kayak yang aku ketikkan itu. Patut diingat juga. Kalau aku ngetik hal-hal sampah kayak gini, aku ga butuh waktu banyak paling-paling nulis gin, eh ngetik gini ga sampe sejam no edit-edit. Asalkan ngalir gitu aja dan tarian-tarian indah dari jari-jariku diatas keyboard ku.[]

Image Source: Pinterest
Tulisan ini sengaja tidak diedit, sesuai permintaan penulis

No comments:

Pages