Habibie Ainun 3: Perjalanan Hati Ainun Sebelum Habibie - FLP Blitar

Habibie Ainun 3: Perjalanan Hati Ainun Sebelum Habibie

Bagikan



Judul : Habibie & Ainun 3
Aktor : Maudy Ayunda, Reza Rahadian, Jefri Nichol, Lukman Sardi, Marcella Zalianty, Angga Yunanda, Rebecca Clopper, Teuku Rizky, Eric Febrian, Aghniy Haque, Kevin Ardilova, Arya Saloka, Amara, Mike Lucock, dll.
Skenario : Ifan Ismail
Sutradara : Hanung Bramantyo
Produksi : MD Pictures


Saya termasuk yang sering merasa penasaran dengan sekuel sebuah film. Sudah ada sejumlah film serial yang saya tonton, seperti Ada Apa Dengan Cinta, 99 Cahaya di Langit Eropa, Surga yang Tak Dirindukan, Perahu Kertas, Eiffel I'm in Love, Ayat-Ayat Cinta, Danur, juga Mata Batin. Kebanyakan film-film tersebut beralur maju dan menyelesaikan segala yang belum tuntas di bagian pertama.

Namun, Habibie & Ainun miliki perbedaan tersendiri. Sebab, alur cerita tiap sekuelnya unik; yakni berjalan mundur.

*

Kisah Habibie Ainun dimulai sejak tahun 2012, dengan chemistry apik antara Reza dan Bunga Citra Lestari. Mengisahkan awal temu, pernikahan, perjuangan mereka untuk Indonesia, hingga wafatnya Ainun di tahun 2010.

Kemudian berlanjut pada Rudy Habibie tahun 2016, yang mengisahkan masa kecil, masa sekolah, juga tambatan hati Habibie sebelum Ainun, yakni Ilona yang diperankan Chelsea Islan.

*

Tahun ini, telah hadir lanjutan cerita cinta sang Presiden ketiga ini. Dalam Habibie & Ainun 3 kali ini, ceritanya lebih fokus pada kehidupan Ibu Ainun sejak kecil hingga masa kuliah, dari sudut pandang Pak Habibie.

Rupanya, sebelum berlabuh pada Pak Habibie, ada banyak lelaki yang menaruh hati pada Bu Ainun. Bahkan, di kampusnya di UI dulu, sempat ada yang membentuk PPA (Perkumpulan Pengagum Ainun). Anggotanya, tentu saja para pemuda yang ngefans dengan Bu Ainun.




Hati Bu Ainun sempat tertambat pada seorang lelaki bernama Ahmad Notosastro, mahasiswa fakultas Hukum UI. Ahmad, dengan senyum manis dan aneka rayuan mautnya sangat pas diperankan oleh Jefri Nichol.

*

Ibu Ainun dalam sekuel ini diperankan baik oleh Maudy Ayunda. Maudy dipilih sendiri oleh Pak Habibie untuk memerankan Ainun. Menurut beliau, mata Maudy mirip dengan mata Bu Ainun.

Selain Jefri Nichol, ada beberapa pemeran baru lainnya seperti Rebecca Klopper, Jennifer Coppen, Teuku Rizky, Aghniy Haque, Lukman Sardi, Marcella Zalianty, dan masih banyak lagi. Dan tentunya ada Reza Rahadian yang masih memerankan BJ Habibie.

*

Saya sudah sangat penasaran dengan film ini sejak awal perilisan original soundtrack dan teaser-nya beberapa bulan lalu. Original soundtrack-nya bertajuk Kamu dan Kenangan, dinyanyikan oleh Maudy Ayunda.




Beberapa hari sebelum launching, para pemain serta produser dan sutradara menggelar gala premiere di sebuah bioskop di Jakarta. Ada satu hal lain yang dijagokan dari film ini, selain ceritanya.

Yakni adanya teknologi CGI untuk wajah Reza Rahadian sebagai BJ Habibie muda, dan make-up prostetik khusus karya Orlando Bassi untuk Reza Rahadian sebagai BJ Habibie tua.

*

Namun, menurut saya, efek CGI itu malah membuat wajah Reza Rahadian menjadi "aneh", dan tidak menyatu dengan badannya. Reza pun telah mengunggah proses pembuatan efek CGI ini di akun Instagramnya @officialpilarez.




Tapi, jika bicara perihal make-up prostetik, saya akui itu sangat berhasil, dan membuat Reza mirip sekali dengan Pak Habibie. Tak sia-sia perjuangan Reza menjalani proses make-up ini selama tujuh jam.

Terlepas dari segala kecanggihan teknologi tersebut, film ini memiliki alur campuran (maju-mundur-maju) yang berhasil menghanyutkan penonton. Chemistry para pemain pun terasa lekat. Terutama untuk tiga pemeran utama, yakni Reza, Maudy, dan Nichol.

*

Ada cara unik dari Jefri Nichol untuk bisa membangun kedekatan dengan Maudy Ayunda. Dia mencetak satu foto Maudy dan dibawa ke mana-mana, bahkan ditempel di dahinya. Alasannya, agar pikirannya selalu dipenuhi Maudy. Selain itu, ia juga memasang foto Maudy sebagai wallpaper di ponselnya. Hahaha, ada-ada saja.




Saya juga merasa senang, karena Jefri Nichol telah kembali dan bisa menghadiri gala premiere, konser, dan aneka promo untuk film ini. Seperti yang kita tahu, dia sempat tersandung kasus narkoba beberapa bulan lalu. Kini dia sudah diperbolehkan keluar dari RSKO. Namun, dia masih menjalani rawat jalan dan didampingi dokter pribadi, selama beberapa bulan ke depan.

*

Habibie & Ainun 3 adalah tentang cinta. Cinta pada hidup, cita-cita, keluarga, dan teman sejiwa.[]

22 Desember 2019
Adinda RD Kinasih


Keterangan foto:

1. Dokumentasi pribadi
2. Ainun dan Ahmad Notosastro (From Instagram @jefrinichol)
3. Ainun dan Rudy Habibie (From Instagram @maudyayunda)
4. BJ. Habibie dan Reza Rahadian (From Instagram @habibieainunmovie)
5. Sebagian pemeran film Habibie & Ainun 3 (From Instagram @jefrinichol)

No comments:

Pages