NOVEL INDONESIA YANG SUDAH MENDUNIA Oleh : Heru Patria - FLP Blitar

NOVEL INDONESIA YANG SUDAH MENDUNIA Oleh : Heru Patria

Bagikan
Tak dapat dipungkiri, di kalangan pembaca tanah air kehadiran novel-novel dari mancanegara memberi warna tersendiri di republik ini. Tiap kali kita masuk ke sebuah toko buku, di jajaran rak terdepan pasti akan terpampang novel-novel terjemahan yang judul dan nama penulisnya sudah tak asing bagi semua pembaca. 

Sebagian besar orang pasti langsung tahu siapa penulis novel Harry Potter yang sudah mendunia lewat buku serta filmnya itu. Selain JK Rowling, masih ada sederet nama besar dari negeri seberang yang menjajakan karya novelnya di kancah perbukuan Indonesia. 

Lalu tidak adakah novel dari Indonesia yang bisa mendunia seperti mereka? 

Jangan berkecil hati kawan, ternyata ada juga kok novel Indonesia yang sudah melanglang buana hingga ke belahan benua tetangga. Siapa sajakah mereka? Simak ulasan berikut agar kalian juga bisa berbangga diri sebagai warga +62

1. Laskar Pelangi - Andrea Hirata

Novel ini telah dicetak ke dalam 25 bahasa dan menjadi international best seller. Selain dapat dinikmati dalam bentuk tulisan, kisah anak-anak Belitung ini juga dapat disaksikan dalam film. 

2. Ronggeng Dukuh Paruk - Ahmad Tohari

Ronggeng Dukuh Paruk telah terbit dalam edisi bahasa Inggris dan bahasa Belanda. Tahun 2011, novel ini telah difilmkan oleh sutradara Ifa Irfansyah yang diberi judul 'Sang Penari'.

3. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

Novel karya Eka Kurniawan ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang dan Inggris. Bercerita tentang Dewi Ayu, seorang wanita rupawan perpaduan antara darah Indonesia dan Belanda yang memiliki nasib buruk. 

4. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck - Haji Abdul Malik (Buya Hamka)

Novel ini menceritakan tentang cinta sepasang kekasih yang harus terhalang sebuah aturan adat di tanah Minangkabau. Novel ini juga diterbitkan ke dalam bahasa Melayu dan sejak tahun 1963 sudah menjadi bacaan wajib bagi siswa sekolah di Indonesia dan Malaysia.

5. Tetralogi Pulau Buru - Pramoedya Ananta Toer

Tetralogi Pulau Buru berisikan empat novel karangan Pram yang diterbitkan dari tahun 1980 - 1988. Tetralogi Pulau Buru lebih dikenal oleh masyarakat internasional dengan sebutan The Buru Quartet. Novel ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Max Lane, dan juga ke dalam bahasa Rusia oleh E. Rudenko.

Angkat topi deh buat mereka. Kita patut bangga tuh atas karya-karya besar para penulis di atas. Hal itu menunjukkan bahwa dunia literasi Indonesia juga memiliki kualitas yang tak kalah keren dengan negara lainnya. Meski kata orang minat baca di Indonesia tergolong rendah, tapi nyatanya masih banyak penulis Indonesia yang berhasil mengibarkan namanya di kancah internasional.

Ingin karyamu bisa sehebat mereka? Ayo menulis, menulis, dan menulis. Jangan pernah takut gagal karena kegagalan adalah kesempatan agar kita bisa bangkit lagi. 

Sumber: Kumparan.com dan beberaoa sumber lain. 

Blitar, 23 Agustus 2020

No comments:

Pages