PANDEMI TAK BERLAKU BAGI DUNIA LITERASI - FLP Blitar

PANDEMI TAK BERLAKU BAGI DUNIA LITERASI

Bagikan
Pandemi Covid 19 yang mengharuskan semua orang banyak tinggal di rumah tentu bagi sebagian orang akan menimbulkan rasa jenuh yang berkepanjangan. Namun, bagi pegiat literasi hal itu tidaklah terjadi. 

Mengapa demikian? 

Karena banyaknya waktu di dalam rumah justru akan menjadi kesempatan emas untuk lebih banyak berkarya. Semakin banyak kesempatan untuk menulis tentu akan menjadikan seorang pegiat literasi semakin produktif. 

Pandemi bukanlah alasan untuk malas apalagi berhenti berkarya. Justru pandemi mendatangkan banyak ide untuk dituangkan dalam tulisan. Semua tergantung kepekaan kita dalam menangkap setiap kejadian yang ada di sekitar. 

Bohong jika ada seorang penulis yang belum berkarya dengan dalih belum mendapatkan ide. Sebab ide tidaklah untuk dicari. Tapi ide harus diciptakan. Apa pun dan siapa pun yang ada di sekitar kita bisa dijadikan ide tulisan yang luar biasa. 

Terlebih selama pandemi Covid 19 ini, ada begitu banyak kejadian yang di luar kebiasaan hidup normal. Keharusan selalu pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hingga WFH, tentu bisa diramu menjadi buah karya yang bermutu. 

Munculkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi andai salah satu protokol itu diabaikan, perhatikan dampak positif dan negatif dari pandemi yang sedang berjalan. Hal ini akan memberi ide menulis yang panjang. 

Yakinlah, bahwa pandemi tak mampu menggoyahkan dunia literasi. Sebaliknya pandemi adalah sumber inspirasi bergizi yang dapat menghasilkan karya bernilai tinggi. 

Semua tergantung niat dan kemauan kita untuk terus menegakkan dunia literasi di bumi Pertiwi. 

Blitar, 22 Juli 2020

No comments:

Pages